Penyebab Ahok Gugat Cerai Veronica Tan, Bikin geger Netizen

Kabar menggoncang datang dari salah satu tokoh politik nasional basuki tjahaja purnama alias ahok. Ahok dikabarkan menggugat cerai sang istri veronica tan yang terlah bersama selama lebih 20 tahun. Kabar ini tentu saja sangat mengejutkan terutama bagi para pendukung ahok.

Banyak netizen geger dengan berita perceraian ahok dan veronica tan. mereka rata-rata tidak percaya ahok mengambil keputusan yang begitu krusial dalam kehidupan pernikahan dengan veronica tan. pasalnya, pasangan ini terkenal sebagai pasangan yg sangat goal dan ideal serta harmonis dan jauh dari isu prahara rumah tangga.

Netizen masih penasaran apa penyebab dan alasan ahok mengambil keputusan menceraikan veronica tan sang istri yg sangat dicintainya. Pendukung ahok berharap isu perceraian ahok ini hanyalah hoax belaka.

Namaun apa daya, ternyata gugatan cerai ahok terhadap veronica tan ini memang benar benar nyata dan fakta.



diatas adalah foto surat gugatan cerai ahok terhadap veronica yg didaftarkan ke PN jakarata utara. Pihak PN Jakarta Utara sendiri sudah membenarkan dan mengkonfirmasi Surat gugat cerai itu masuk pada Jumat (5/1/2018) lalu.

"Jumat suratnya masuk jam 14.30 WIB. Itu dia masukin gugatannya jelang tutup kantor. Jadi belum ada yang tahu. Sekarang humas sudah tahu," kata panitera muda perdata PN Jakut, Tarmuzi, di kantornya, Senin (8/1). 

Tarmuzi menyebut surat itu diserahkan oleh kantor pengacara dari Fifi Lety Indra, adik Ahok. Surat itu sudah ditandatangani oleh Ahok.

"Ahok tanda tangan di atas meterai 6000, ada juga tanda tangan Lety (adik Ahok)," ucapnya. 
Artinya isu perceraian ahok memang benar adanya dan bukan sekadar hoax. Meski demikian banyak netizen pendukung ahok tidak percaya akan berita sedih ini,



 Berbagai dukungan untuk Ahok dan Vero mengalir di akun instagram @basukibtp. Salah satunya di unggahan ucapan Natal dari Ahok pada 24 Desember 2017 lalu.

"Pak jgn cerai dong pak, khan Firman Tuhan berkata apa yg sdh dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan oleh manusia pak, ah bohong kali nih berita hoax, please pak jangan pak, kasihan anak anak bapak. ambil solusi demi keluarga pak," ujar stefh2017, Senin (8/1/2018).

"Semoga yg terbaik selalu buat pak ahok & bu @veronicabtp 🙏," ujar adekristiyanto_

"Bener tah??? Mau cerai ?? Ya ampun 😭😭😭😭
gaudyahKita doakan saja rumahtangga pak ahok dan bu vero baik2 saja, walaupun belum ada klarifikasi," ujar itsdarapratama

"Pak @basukibtp ini ngak benar kan? Please jangan 😭," tulis esra_tgr.

"Semoga cuma hoax," kata liliklistianti.

Semenra itu berbagai reaksi muncul dari pendukung ahok. Salah satunya adalah Ade armando, yang merupakan pendukung garis keras ahok, ia menulis status untuk memberikan dukungan pada ahok seperti berikut ini



Berikut kutipan lengkap status Ade Armando untuk Ahok dan Vero:

Perceraian adalah hal yang memprihatinkan dan berat untuk dijalankan.
Saya bersedih karena Ahok, Veronica dan anak-anak mereka adalah kumpulan manusia yang dikorbankan karena Ahok berusaha menegakkan kebenaran dan melawan kezaliman.
Tapi saya percaya bahwa cobaan hidup adalah hal yang wajar dalam kehidupan manusia.
Allah justru akan memberikan cobaan demi cobaan pada manusia yang berusaha menegakkan perintah-perintahNya di dunia ini.
Ahok dan keluarga sedang menghadapi cobaan untuk naik ke kelas berikutnya.
Tentang alasan perceraian, itu tentu adalah urusan mereka.
Ahok dan Veronica adalah dua manusia dewasa yang tentu tahu apa yang terbaik bagi diri mereka dan keluarga mereka.
Urusan keluarga bukanlah urusan publik.
STAY STRONG PAK AHOK.
STAY SRONG BU VERO.
STAY STRONG NATHANIA, NICHOLAS, DAUD.
Percaya deh, Allah tidak akan membebani cobaan di luar kemampuan kita.

Apa alasan ahok ingin bercerai dengan sang istri veronica tan?

sampai sekarang memang belum jelas apa sabenarnya masalah yang sedang dihadapi oleh ahok dan keluarga bersama sang istri hingga ingin bercerai. karena sebenarnya ini adalah masalah pribadai dan tidak layak untuk disebarluaskan ke public, namun demikian masyarakat tentu bertanya tanya penyebab ahok ingin gugat cerai veronica tan.
Surat gugatan diatasnamakan Basuki T Purnama alias Ahok jadi viral di media sosial. Padahal Ahok dan istrinya, Veronica, selama ini sepi dari isu keretakan. Ahok bahkan pernah memuji Veronica yang makin dewasa, tak seperti dulu.

Pujian itu dilontarkan Ahok dalam suratnya saat momen HUT pernikahan ke-20 pada September 2017. Surat itu dibacakan langsung oleh putra sulung Ahok, Nicholas Sean Purnama. Saat itu, Sean dan Vero tengah menghadiri acara buku 'Ahok di Mata Mereka'. Di sela acara, Sean membuat kejutan.

Saat membacakan surat ayahnya, Sean tampak begitu menghayati kata demi kata. Sedangkan Vero menyimaknya dengan raut wajah terharu.

Berikut ini isi surat yang ditulis Ahok untuk Vero di Mako Brimob:

Untuk Vero istriku,

Sekarang aku harus berterima kasih akan keadaan saat ini kepada semua pihak yang menyebabkan aku menjadi narapidana dan ditahan langsung tanpa menunggu proses lebih lanjut. 

Tak terbayang jika aku tidak ditahan, aku akan terus bekerja seperti dulu sampai Oktober sampai masa jabatan. Itu artinya saya bangun jam 04.30 (kamu memberiku gelar robot) karena semua waktu dihitung tepat agar aku bisa tiba di Balai Kota jam 07.30 WIB karena sudah banyak yang menunggu dan kerja non stop sampai pulang ke rumah sudah di atas jam 21.00 WIB.

Sabtu-Minggu selain ke kawinan, juga selesaikan dispensi surat dan kadang sampai tengah malam di malam Senin agar hari Senin tidak ada surat yang tertinggal. Kamu memberi gelar padaku robot sungguh benar. 

Sekarang di hari pernikahan kita yang ke-20 tahun, saya bersyukur bisa ada waktu mengenalmu dan memperhatikan kamu. Dulu aku benar-benar 'take it for granted' sampai-sampai anak juga kamu yang ajak jalan dan bicara. 

Hadiah terbesar HUT pernikahan ke-20 tahun adalah aku di dalam tahanan menyadari betapa beruntungnya pernikahan kita masih utuh dan engkau memaafkan semua kegilaan kerjaku melayani masyarakat. Dan sekalipun mendapat balasan masuk dalam tahanan dan tidak dipilih, tetapi saya mendapatkan istri yang mengasihi aku dan anak-anak kembali. Kalau ada yang salah dalam hubungan suami istri umumnya yang salah pasti sang suaminya. 

Aku bersyukur dalam tahanan menjadi banyak waktu untuk merenung, betapa istriku bukan lagi seperti dulu. Sekarang sudah jadi dewasa, mampu berprestasi akan menjadi perempuan penolong bagi saya. 

Sungguh benar dikatakan dalam Amsal Salomo, istri yang berakal budi adalah anugerah Tuhan. 


bagaimana hukum cerai dalam agama kristen?

"Dalam kekristenan, tidak memperkenankan adanya perceraian," kata Sekretaris Umum PGI pendeta Gomar Gultom kepada detikcom, Senin (8/1/2018).

Gomar menjelaskan, karena tidak diperkenankan adanya perceraian, tidak ada tata cara cerai menurut hukum Kristen.

Baca juga: Potret Mesra Ahok-Veronica Sebelum Digoyang Kabar Cerai

"Hukum yang terutama dalam kekristenan adalah kasih. Dengan mengedepankan kasih, segala pertikaian dan ketidakharmonisan dalam hubungan suami-istri dapat diselesaikan. Dengan kasih, hati yang terasing dan terpecah dapat digenggam sehingga utuh kembali," ujarnya.

Secara umum, lanjut Gomar, perceraian dalam Kristen hanya dimungkinkan oleh cerai mati dan zina. Namun, menurutnya, aturan di sejumlah gereja makin longgar dan makin realistis menghadapi kenyataan saat ini. Meski demikian, tetap saja tidak ada pedoman yang bisa digunakan untuk perceraian.

Dalam Alkitab di Matius 19 ayat 6 dengan tegas disebutkan soal hukum pernikahan bagi orang Kristen. Isinya: "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

Baca juga: PN Jakarta Utara Benarkan Ahok Gugat Cerai Vero

"Gereja-gereja Lutheran, seperti HKBP, GKPI, dan lain-lain hingga kini mempertahankan tidak boleh cerai kecuali oleh perzinaan. Perceraian ini dimungkinkan karena yang berzina tersebut telah kena hukum siasat gereja dan olehnya boleh diceraikan," jelas Gomar. (hri/fjp)

Dwina Michaella Anak Setya Novanto

Dwina Michaella adalah putri setya novanto dari istri pertama Luciana Lily H. Dwina Michaella merupakan anak ke dua dari dua bersudara. Dwina Michaella memiliki saudara lali-laki bernama Rheza Herwindo yg merupakan saudara kandung dari ibu yg sama Luciana Lily H.

Dwina Michaella sudah menikah dan memiliki suami bernama Jason S Harjono, anak tersangka korupsi dana BLBI pada Bank Aspac, Setiawan Harjono. Sedangkan Rheza Herwindo menikah dengan Elaine Cynthiadewi Salim, putri pengusaha ternama, Widodo Salim. Usai menikah, Reza kini dikabarkan tinggal di luar negeri. Reza bersama dengan ibu tirinya, Deisti disebut-sebut menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan peserta proyek e-KTP, PT Murakabi Sejahtera.

Dwina yang merupakan satu-satunya anak wanita Novanto diketahui bergaya hidup glamour.

1. Eksotis



2. Seksi




Memiliki wajah yang eksotis dan body yang saksi membuatnya terlihat menarik di mata pria.

3. Hidupnya glamour




Memiliki harta yang melimpah nggak heran jika kehidupannya sangat glamour.

Dirinya kerap pergi ke luar negeri dan mengenakan barang-barang mewah.

4. Memiliki girls squad




Wanita ini memiliki sekelompok teman-teman wanita yang tak kalah sosialitanya.

Anggota dari squad ini sebagian besar adalah orang-orang menengah ke atas.

5. Pesta pernikahannya digelar mewah



Dwina melangsungkan pesta pernikahan pada November 2015 lalu di sebuah hotel bintang lima di Jakarta.

6. Memiliki bisnis sendiri



Wanita yang hobi olahraga ini memiliki bisnis yang sesuai dengan hobinya.

Michaella membuka tempat studio olahraga untuk pilates, yoga, pole, senam, dan lain sebagainya.(*)

8 Cara Hilangkan Insomnia (susah Tidur) No 8 paling Ampuh

Insomnia atau susah tidur adalah hal yg hampir pernah dialami oleh manusia dewasa. 70% menusia dewasa menderita insomnia atau susah tidur. 

Bagi para insombia, tidur paling cepat adalah lewat tengah malah entah pukul 1 2 atau 3. Kebiasaan seperti ini tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan. Biarpun waktu tidur malam yg terbuang bisa diganti dengan waktu bangun yg lebih lambah, tetap saja fungsi tidur di malam hari tidak tergantikan.

Waktu yg terbaik untuk tidur adalam pukul 9-11 malam, dan bangun pukul 4-6 pagi. karena pada waktu inilah tubuh bekerja meregenerasi sel, baik sel otak, sel tubuh dan sel darah untuk kembali bugar menghadapi rutinitas esok hari. 


1. Makan makanan yang manis




Riset baru dari Jepang menemukan bahwa senyawa aktif dalam tebu dapat mengurangi stres dan memicu kantuk. Riset tidur yang dilakukan pda hewan pengerat ini menemukan bahwa senyawa aktif tersebut bernama octacosanol.

Peneliti mengatakan bahwa stres adalah faktor utama yang menghambat tidur dan suplemen octacosanol telah terbukti aman pada manusia. Otacosanol dapat digunakan sebagai terapi efektif untuk orang yang menderita insomnia akibat stres. Senyawa ini juga ditemukan pada makanan lain, termasuk kulit padi, biji gandum, dan lilin lebah.



2. Minum susu





Susu hangat sebelum tidur merupakan resep yang dipercaya turun temurun untuk membuat tidur lebih nyenyak.

"Susu mengandung protein α-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur," kata Winter.

Makanan yang mengandung triptofan- termasuk putih telur dan biji labu- sebaiknya sering kita konsumsi jika memiliki masalah insomnia. "Kalsium susu juga memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak," tambahnya.



3. Berhenti ingin melakukan sesuatu



Ada kalahnya kita sudah merasakan mengantuk pada pukul 9 atau 10 malam. Namun rasanya masih ada yg tersisa untuk kita lakukan. Ini karena kebiasaan kita yg terbiasa tidur di larut malam. entah untuk menonton acara kesukaan, main internet, buka youtube karena ada paket malam dll. 

Sehingga ketika kita sudah mengantuk pada malam hari ada pikiran tidak rela  untuk tidur cepat karena kebiasaan tersebut tadi. Nah, utnuk bisa tidur cepat dan nyenyak cobalah untuk tidak berfikir harus melakukan ini itu yg tidak penting di malam hari. Ketika mengantuk ya tidurlah


4. Berada di tempat tidur saat siap untuk tidur



Jika Anda pernah menemukan diri Anda berbaring di ranjang namun tidak bisa tertidur, Anda telah mengalami suatu kondisi yang menurut para ahli disebut dengan
"kondisi bergairah".

Melakukan berbagai kegiatan di tempat tidur, seperti mengecek media sosial atau mengirim pesan, akan melatih otak untuk membuat kita tetap terjaga di tempat tidur. Jadi, buatlah tempat kamar Anda benar-benar menjadi tempat untuk tidur.



5. Belajar beristirahat



"Manfaat beristirahat dan tidur dalam beberapa kasus tidak dapat dibedakan," kata Winter.

Riset tahun 2008 yang didanai oleh National Institute of Mental Health mengenai efek berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup, menemukan bahwa ketika beristirahat, beberapa neuron otak Anda dimatikan. Hal ini sama dengan apa yang terjadi dalam tidur ketika neuron menghentikan aktivitas.

National Sleep Foundation juga mengatakan bahwa istirahat bisa mengurangi stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan kewaspadaan, kejernihan mental, kreativitas, dan motivasi.

Namun, manfaat yang nyata dari tidur nyenyak tetap tidak sebanding dengan beristirahat sambil berbaring. Tidur nyenyak dapat bermanfaat bagi pemulihan kognitif, kemampuan memori meningkat, dan regulasi hormon. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan meskipun hanya dengan tidur siang.

Tidur adalah pilihan terbaik untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Namun jika tidur tetap sulit dilakukan, Anda bisa menenangkan pikiran Anda dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa hanya beristirahat saja membuat otak Anda santai.



6. Nyalakan pendingin ruangan



Riset menemukan bahwa tidur dengan suhu dingin dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Ini membantu menurunkan suhu inti tubuh Anda dan memicu proses yang membuat Anda tertidur.


7. Meditasi



Terkadang otak Anda membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan untuk tertidur, dan meditasi adalah tren tidur yang diakui banyak orang sangat membantu.

Sebuah riset tahun 2015 di JAMA menemukan bahwa meditasi penuh membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa dengan mengurangi "kekhawatiran, kebimbangan, dan gangguan suasana hati."

8. Cobalah Untuk begadang.


Ini sebenarnya trik ampuh tapi juga bisa menjadi sangat tidak ampuh tergantung bagaimana situasinya. Ini pengalaman saya, ketika saya coba begadang , terutama untuk menonton bola pada larut malam kok saya jadi mengantuk tidak tertahankan. jadi ini bisa jadi tips untuk dicoba, kalau mata terasa susah tidur, beranjaklah dari tempat tidur, tidak perlu memaksa maksa untuk memejamkan mata, tapi lakukanlah hal sebaliknya seperti berfikir, aku harus begadang malam ini. aku harus menonton sesuau, aku tidak boleh ketiduran.

Dengan berfikir bertolak belakang begini biasa tubuh akan memberikan reaksi bertolak belakang pula dan hasilnya anda pasti akan mengantuk dan bahkan bisa ketiduran di lantai atau di sofa

Harga jam Tangan Richard Mille Setya Novanto

Tersangka koruptor kelas kakap setya novanto memiliki berbagai macam barang haram yang diduga hasi perbuatan bejatnya mencuri uang rakyat. Salah satunya adalah jam tangan super mewah kelas satu di dunia Richard Mille.

Jenis-jenis Jambu, Khasiat dan Cara Pemanfaatanya

Buah jambu adalah buah yang sudah tidak asing bagi orang indosia. Siapapun tahu apa itu buah jambu. Siapapun pasti pernah makan yang namanya buah jambu. bener tidak? ayo ngaku. siapa yang tidak pernah makan buah jambu. Sebab jambu adalah tumbuhan yang bisa tumbuh dan mudah tumbuh dimana saja. Di dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, dsb.

Meski kita akan menemukan bentuk dan macam macam jambu yang berbeda beda tergantung tempatnya. Misalnya anda akan menemukan jambu yang bentuknya lain dengan jambu yang  tumbuh di rumah teman anda.

Ya menang, sebab jambu itu ternyata banyak macam, jenis atau namanya. Selain banyak jenisnya, jambu juga kaya manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan, pengobatan dll. Apa saja? mari kita lihat di bawah ini.

Macam-macam Jenis dan Nama Jambu Biji:


1. JAMBU AUSTRALIA



Ciri khusus jambu biji australia ini daunnya hijau semu kemerahan, demikian juga warna buahnya.

2. JAMBU BANGKOK.

Jambu bangkok berukuran besar, daging buahnya tebal berwarna putih rasanya manis segar.




3. JAMBU SUSU



Bentuk buah agak lonjong dengan ujung membulat dan pangkalnya meruncing. Kulit buah jambu susu berwarna hijau kekuningan, daging buahnya tebal dan teksturnya lembut. Jambu susu ini biasa di sebut jambu Pasar Minggu, jambu pasar minggu sendiri selain yang berwarna putih (susu) juga ada yang berwarna merah. Tetapi yang lebih disukai adalah yang berwarna putih karena rasanya lebih manis dari pada yang merah.

4. JAMBU SUKUN.

jambu sukun merah



Jambu sukun putih.



Jambu sukun sangat di gemari karena ukuran buahnya besar, kulitnya mengkilap, daging buahnya tebal, rasanya manis segar dan bijinya sedikit bahkan hampir tidak ada sama sekali. Ada yang mengatakan jambu sukun ini mirip dengan buah pir.


5. JAMBU KRISTAL/MUTIARA





jambu kristal/mutiara berukuran sedang, dagingnya berwarna putih tebal dan bijinya sedikit, rasanya sangat manis dan kandungan airnya sedikit, sehingga terasa renyah saat dimakan.


6. JAMBU KAMBOJA.




Ukuran dan bentuknya seperti buah alpukat. Beratnya antara 400-500 g per buah. Beraroma cukup tajam dan rasanya sangat manis. Oleh karena itu, jambu ini sering dijadikan juice.

Fungsi Jambu Biji Untuk Kesehatan:

Banyak manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh kita. Jambu biji ini bisa dimakan segar atau dibuat jus yang dingin. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, batang maupun daun dari jambu biji ini juga banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat buah jambu biji:

Kandungan serat yang tinggi dalam buah jambu biji membantu dalam proses pencernaan juga membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan serat ini juga dapat mengurangi naiknya tekanan darah.
Daging buahnya terutama jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah sangat baik untuk pemulihan penderita demam berdarah yaitu untuk menaikkan trombosit dan kekebalan dalam tubuh penderita. Biasanya disajikan dalam bentuk jus.
Daun jambu biji ini sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit diare/mencret. Caranya adalah : daun jambu biji dicuci bersih, kemudian direbus dengan sedikit air lalu diminum. Biasanya tidak hanya sekali minum agar cepat berhenti.

Manfaat Jambu Biji:

A. Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh.

B. Daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

C. Daun jambu biji bisa digunakan untuk pengobatan diare, gastroenteritis, dan keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan.

D. kulit batang jambu biji juga memiliki aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini secara in vitro bersifat toksik (anti racun) terhadap beberapa bakteri penyebab diare, seperti Staphylococcus, Salmonella, Shigella, Bacillus, Escherichia coli, Clostridium, dan Pseudomonas

E. Buah jambu dapat dikonsumsi dalam bentuk segarnya atau diolah menjadi berbagai macam produk seperti selai, jeli, pasta, dodol, dan jus.

F. Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

G. Jambu biji juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber). Serat pangan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar (kanker kolon), divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit batu ginjal.


H. jambu biji memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi, seperti vitamin C, potasium, dan besi. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, tetapi tinggi akan serat pangan.

Manfaat Jambu Biji Untuk Pengobatan:

Manfaat jambu biji semakin bertambah. Para peneliti dari United States Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa jambu biji adalah buah dengan kandungan antioksidan terkaya di antara keluarga buah-buahan. Bayangkan, kandungan vitamin C dalam satu cangkir jambu biji lima kali lebih banyak dari jeruk, yaitu 377 mg. Vitamin C merupakan bahan dasar kolagen yang sangat baik untuk mengatasi masalah keriput di wajah para perempuan.

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan cantik. Tentunya bukan hal yang sulit, apapun bisa dilakukan bila ada kemauan yang kuat untuk mencapainya. Intinya dengan menjaga pola hidup sehat dan seimbang, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan diantaranya manfaat jambu biji untuk kesehatan. jambu biji dapat digunakan berbagai macam pengobatan seperti contoh dibawah ini:

1. Diabetes Mellitus

Bahan:
1 buah jambu biji setengah masak
Cara membuat:
buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan

direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk

diambil airnya.

Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

2. Maag

Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3. Sakit Perut (Diare)

Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian
disaring untuk diambil airnya
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui

Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.
Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut,
airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk Angin

Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai
merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter
air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

6. Beser (mudah buang air kecil) berlebihan

Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk
beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5
gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani

Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat
dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada
bayi.

8. Sariawan

Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

9. Sakit Kulit

Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga
jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

10. Obat luka baru

Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.
Cara membuat: dikunyah sampai lembut
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar
tidak mengelurkan darah terus menerus.

Sekarang kita melihat macam-macam jambu air.


Jambu air, atau jambu Bol atau jambu klampok ada banyak jenis dan warnanya, antara lain :

1. JAMBU BOL.

Entah kenapa jambu ini di namakan jambu bol , apa mungkin karena bentuknya gembung bulat seperti bola ?, tetapi ada juga yang menyebutnya jambu Dersono.




2. JAMBU BOL JAMAIKA




3. JAMBU APEL.



Jambu apel yang buahnya mirip apel sangat mudah dibedakan dari jenis jambu air lainnya. Buahnya selalu memiliki bekas kelopak berwarna merah yang sangat kontras dengan warna buah yang putih violet. Bila diperhatikan, sebenarnya jambu ini mengalami tiga kali perubahan warna, yaitu hijau saat muda, putih bila tua, clan putih violet bila matang. Daging buahnya bertekstur keras dan rasanya manis. Ukuran buahnya termasuk sedang. Setiap kg-nya berisi 15 buah. Buahnya ada yang berbiji dan ada yang tidak.

4. JAMBU MAWAR.



  mawar rasanya manis dan baunya wangi.

5. JAMBU KANCING.



Warna buah putih hingga merah, daging buahnya berwarna putih, banyak berair, hampir tidak bearoma, dan rasanya cenderung asam dan asam manis, bahkan kadang sepat

6. JAMBU CAMPLONG (Madura).

Jambu camplong berasal dari madura. ada dua macam yaitu camplong merah dan camplong putih. Tekstur buahnya halus dan empuk bila digigit.




7.JAMBU SUKALUYU

Dinamakan jambu air sukaluyu karena asal indukannya berasal di sukaluyu bandung, jawa barat.




8. JAMBU LONCENG.


9. JAMBU LILIN.

jambu lilin ada 2 macam yaitu janbu lilin merah dan jambu lilin hijau,




10. JAMBU KAGET.

Jambu kaget, atau orang buasa menyebut dengan sebutan Jambu Semarang. Daging buahnya tebal dan padat , bentuk buahnya seperti seditiga sama sisi. Jambu kaget ada tiga warna yaitu jambu kaget hijau, jambu kaget merah dan jambu kaget putih.






11. JAMBU CINCALO GONDRONG.

Orang menyebutnya cincalo yang berarti enak sedangkan kata gondrong di ambil dari nama sebuah seda di cipondoh,tangerang jawa barat. Buahnya manis nyaris tanpa biji. Ada 2 macam kambu cincalo yaitu cincalo gondrong merah dan cincalo gondromg hijau.





12. JAMBU KING ROSE.



Jambu air King Rose memang bukan varietas jambu air terbesar . Ukuran King Rose tidak sebesar jambu Bandar di Pulau Bangka yang memiliki buah seukuran mangga golek, namun King Rose adalah jambu ‘raksasa’ yang konon kabarnya dengan rasa termanis yang pernah ada.King Rose banyak diperdagangkan dalam kelompok buah ‘mewah’, tidak jarang King Rose dapat ditemui di supermarket/hypermarket di Jakarta dengan harga semahal anggur Red Globe.

13. JAMBU BLACK KINGKONG.




Bersama ‘saudaranya’ Black Diamond, Jambu air Black King Kong dan jambu air Black Diamond adalah 2 jambu air bersaudara asal Taiwan yang telah menjadi unggulan ekspor tak tertandingi sampai saat ini dari negara tersebut ke beberapa negara Asia Timur.

Atribut penamaan ‘Black’ pada jambu air Black Kingkong berasal dari warna buah yang merah gelap. Warna gelap ini mungkin hanya bisa disaingi oleh saudaranya Black Diamond.


Kandungan dan manfaat :

Dikarenakan buah ini memiliki kandungan air yang lebih banyak dari pada dagingnya, hal ini dapat membantu kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Cairan sangat penting untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dibuang bersama air tersebut. Bila di dalam ginjal tidak tersedia cukup air, kotoran tubuh tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Akibatnya kotoran dapat membentuk batu ginjal.

Vitamin A yang ada dalam buah ini ternyata juga cukup besar. Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas dan medongkrak fungsi sel darah putih sebagai anti bodi dan antivirus di dalam tubuh kita. Dilaporkan pula tingginya peristiwa kekurangan vitamin A pada orang yang terinfeksi HIV.

Dalam jambu air ini ternyata juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Diperkirakan dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C yang seimbang dengan jeruk mandari yaitu 22 mg. Dengan banyaknya vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Vitamin C memiliki sifat sebagai water holder (menyimpan air) sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Kandungan dari buah jambu air tak hanya sebatas itu saja. Karena jambu air memiliki serat pangan yang cukup tinggi. Buah ini juga mengandung sumber mineral besi, magnesium, asam sulfuric, asam sitrat, mangan, protein, tembaga, seng, kalium, fosfor, magnesium, kalium dan kalsium.

JAMBU MONYET


Jambu monyet atau jambu mede atau jambu mente (jawa) adalah sejenis tanaman yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, bijinya yang biasanya dikeringkan dan digoreng untuk dimakan.




Yang biasa disebut "buah" (bagian lunak yang membengkak berwarna kuning atau merah) sesungguhnya adalah dasar bunga (receptaculum) yang mengembang setelah terjadi pembuahan. Buahnya sendiri adalah bagian "monyet"nya, berisi biji yang dapat diola

“ Manfaat Jambu Mete “

Kulit kayu jambu mete mengandung cairan berwarna coklat, apabila terkena udara, cairan tersebut berubah menjadi hitam. Cairan ini dapat digunakan untuk bahan tinta, bahan pencelup, atau bahan perwarna. Selain itu, kulit batang pohon jambu mete juga berkhasiat sebagai obat kumur atau obat sariawan. Batang pohon mete menghasilkan gum atau blendok untuk bahan perekat buku. Selain daya rekatnya baik, gum juga berfungsi sebagai anti ngengat yang sering menggerogoti buku.

Akar jambu mete berkhasiat sebagai pencuci perut. Daun jambu mete yang masih muda dimanfaatkan sebagai lalap, terutama di daerah Jawa Barat. Daun yang tua dapat digunakan untuk obat luka bakar.

Diambil dari berbagai sumber.