Haute couture (Adibusana)

Haute couture (dari bahasa Perancis haute couture) adalah istilah yang berarti secara harfiah adibusana, busana mewah, busana kelas atas, busana ekslusif, istilah ini mengacu pada kreasi skala artisanal (handmande) dari desain eksklusif yang dipesan lebih dahulu, eksklusif untuk acara gala atau black-tie, pernikahan dan acara formal kelas atas, sering kali menampilkan sulaman benang dan/atau batu dan logam mulia. Karya-karya semacam itu memiliki nilai pasar yang tinggi karena tingginya tingkat pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, dibuat untuk status dan dijual dengan harga tinggi kepada para bangsawan dan klien kaya. Saat ini, di dunia, ada sekitar 4.000 pelanggan yang mengenakan adibusana, sebagian besar pelanggan berasal dari Tiongkok dan Timur Tengah. Harga gaun couture, yang ditandatangani oleh perancang pemula, harganya tidak kurang dari $100 000 untuk acara siang hari. Untuk model bordir, harganya mencapai $800.000, seperti gaun black-tie karya Yves Saint Laurent atau, potongan-potongan dari koleksi "Madama Butterfly" couturier John Galliano untuk Christian Dior pada tahun 2007.

Chanel Haute Couture

Awalnya, istilah ini diterapkan pada pekerjaan yang dilakukan oleh maison Charles Frederick Worth, seorang Inggris yang memproduksi di Paris, pada tahun 1858, peragaan busana pertama yang diketahui (dan, terlebih lagi, menggunakan model alih-alih gantungan baju, hal baru lainnya pada saat itu). Di Prancis modern, haute couture telah menjadi nama hak paten yang mendapatkan perlindungan hukum dan hanya dapat digunakan oleh perusahaan yang memenuhi standar tertentu yang telah ditentukan dengan baik. Namun, istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan semua produksi couturier besar, baik yang diproduksi di Paris atau di ibu kota mode lainnya seperti Milan, Tokyo, New York, Roma dan London.

merek-merek yang terdaftar dalam anggota haute couture 2022:

Anggota tetap

  1. Adeline André, sejak tahun 1997, ketika ia memulai debutnya sebagai "anggota tamu", meskipun ia tidak tampil pada musim panas 2007.
  2. Atelier Gustavolins.
  3. Chanel.
  4. Christian Dior.
  5. Christophe Josse, anggota tamu dari tahun 2007, sebelum menjadi anggota tetap.
  6. Franck Sorbier
  7. Giambattista Valli
  8. Givenchy (meninggalkan haute couture setelah pertunjukan Januari 2010, kembali beberapa waktu kemudian).
  9. Jean Paul Gaultier.
  10. Maurizio Galante sejak Januari 2008.
  11. Stéphane Rolland.
  12. Martin Margiela.
  13. Yves Saint Laurent (Couturier Yves Saint Laurent pensiun pada tahun 2002, dan bahkan kemudian, gaun haute couture-nya tetap diminati di pasar dan sangat diminati oleh museum mode dan klien kaya yang menawar permata di pelelangan dan/atau membeli dari koleksi pribadi lainnya untuk dipamerkan di acara sosial. Setelah kematian sang couturier pada tahun 2008, nilainya semakin meningkat. Potongan-potongan, yang disebut "vintage", saat ini harganya mencapai $500.000).

Anggota sementara

  1. Versace, dengan lini Versace Atelier, telah kembali ke haute couture sejak awal 2012.
  2. Elie Saab.
  3. Giorgio Armani (dengan lini Armani Privé).
  4. Maison Martin Margiela (untuk lini buatan tangannya).
  5. Valentino.

Anggota tamu

Kategori ini sudah ada sejak tahun 1998, untuk meluncurkan merek-merek mewah baru dari Prancis dan luar negeri.

  1. Alexandre Vauthier (sejak Januari 2011).
  2. Alexis Mabille (anggota tamu sejak Juli 2007).
  3. Bouchra Jarrar sebelumnya dikaitkan dengan Balenciaga, kemudian Lacroix (anggota yang diundang sejak 2010).
  4. Iris Van Herpen (anggota undangan sejak Juli 2011).
  5. Julien Fournié (anggota yang diundang sejak Januari 2011).
  6. Maison Rabih Kayrouz (anggota undangan sejak Juli 2008).
  7. Yiqing Yin (anggota undangan sejak Januari 2012).
  8. Schiaparelli (anggota undangan sejak Januari 2014).

Perhiasan

  1. Boucheron.
  2. Chanel Joaillerie.
  3. Chaumet.
  4. Dior Joaillerie.
  5. Van Cleef & Arpels.

Aksesori

  1. Pada Aura Tout Vu, aksesori (perhiasan) dan couture maison, oleh Yassen Samouilov dan Livia Stoianova, yang berparade selama Paris Haute Couture Week. Anggota tamu sejak Juli 2004.

Trending

0 Response to "Haute couture (Adibusana)"

Posting Komentar