Profil Erling Haaland: Karir, orang tua, Agama, Rekor, Statistik Mengejutkan

Profil

Erling Haaland bernama lengkap Erling Braut Haaland lahir di Leeds, 21 Juli 2000 adalah pemain sepakbola profesional asal Norwegia yang saat ini bermain sebagai penyerang tengah untuk club Manchester City dan tim nasional Norwegia. Dia dianggap sebagai salah satu striker terbaik di dunia 2022 saat ini, serta salah satu pemain muda terbaik di dunia. Pada tahun 2020, ia memenangkan penghargaan Golden Boy, yang diberikan kepada pemain terbaik di bawah usia 21 tahun yang bermain di Eropa.

Haaland memulai kariernya pada tahun 2016 di klub kota kelahirannya, Bryne. Tahun berikutnya, ia pindah ke Molde; di mana ia tinggal selama dua musim sebelum menandatangani kontrak dengan tim Austria, Red Bull Salzburg pada Januari 2019. Di Salzburg, ia memenangkan dua gelar liga Austria dan satu Piala Austria.

Saat berseragam Salzburg, Haaland menjadi remaja pertama yang mencetak setidaknya satu gol dalam lima pertandingan Liga Champions UEFA berturut-turut, selama musim 2019-20. Di pertengahan musim, ia pindah ke Borussia Dortmund dengan perkiraan biaya transfer €20 juta dan melanjutkan kesuksesannya mencetak gol di Liga Champions, menjadi remaja kedua yang mencetak sepuluh gol dalam kompetisi tersebut.

Selama Piala Dunia FIFA U-20 2019, Haaland adalah pencetak gol terbanyak, memenangkan Sepatu Emas dan mencetak rekor sembilan gol dalam satu pertandingan melawan tim nasional Honduras. Pada tanggal 5 September 2019, ia melakukan debutnya untuk tim nasional senior Norwegia.

Ayah / Ibu Erling Haaland

Erling Haaland lahir pada tanggal 21 Juli 2000 di kota Leeds, Inggris, dari pasangan orang tua Alf-Inge Håland dan Gry Marita Braut.  Ayahnya Alf-Inge Håland, adalah seorang bek dan gelandang yang bermain di Piala Dunia FIFA 1994 dan terkenal karena persaingannya dengan Roy Keane dari Irlandia pada 1990-an dan 2000-an.  pada tahun 2000 saat Haaland junior lahir, Alf-Inge Håland sedang bermain dengan Leeds United, yang berada di Liga Premier pada saat itu. Pada tahun 2004, pada usia tiga tahun, ia pindah ke kota Bryne, yang terletak di Norwegia. Selain bermain sepak bola, Haaland memainkan beberapa olahraga lain saat kecil, termasuk bola tangan, golf, dan atletik. Dia mencapai rekor dunia saat berusia lima tahun dalam lompat jauh, dengan catatan jarak lompatan 1,63 meter pada tahun 2006. Ibu Haaland adalah Gry Marita Braut, seorang juara heptathlon nasional di Norwegia. Terlahir dari kombinasi orang tua atlet, tidak heran bakat Haland sudah terlihat sejak usia dini. 

Karier

Bryne

Erling memulai kariernya di klun Bryne norwegia, di mana ayahnya juga melakukan debut profesionalnya 10 tahun sebelumnya. Di tim B, ia mencetak 18 gol dalam 14 penampilan, dan penampilan cemerlang membuatnya dipromosikan ke skuat senior pada usia 15 tahun, melakukan debutnya pada 12 Mei di tahun yang sama, 2016, melawan Ranheim di Divisi Kedua Norwegia. Dia, yang hampir menandatangani kontrak dengan Hoffenheim, tetap di Bryne selama sisa musim, bermain 16 kali.

Molde

Pada 1 Februari 2017, ia dikontrak oleh Molde dari Eliteserien. Namun, debutnya datang dua bulan kemudian pada 26 April di Piala Norwegia. Pertandingan liga Norwegia pertama sang striker juga terlambat: pada bulan Juni, melawan Sarpsborg. Pada tanggal 1 Juli 2018, Haaland mencetak empat gol ke gawang Brann dalam 21 menit pertama pertandingan, mengamankan kemenangan tandang 4-0 atas sang pemuncak klasemen yang belum terkalahkan pada saat itu. Hat-trick dicetak dalam waktu 11 menit dan dua detik, dan keempat gol dalam waktu 17 menit dan empat detik. Pada hari ini, seorang pencari bakat Manchester United mengikuti pertandingan tersebut. Ole Gunnar Solskjær, yang saat itu menjabat sebagai manajer Molde, menyatakan bahwa gaya permainan penyerang muda itu mirip dengan Romelu Lukaku dan juga berbicara tentang beberapa tawaran yang ditolak oleh tim.

Dalam pertandingan berikutnya pada 8 Juli, Haaland kembali tampil bagus dengan mencetak dua gol dan memberikan satu assist dalam kemenangan 5-1 atas Vålerenga Fotball. Pada tanggal 26 Juli, dalam pertandingan UEFA Europa League, ia mencetak gol dengan kemenangan 3-0 melawan tim papan bawah Albania, Laçi. Untuk penampilannya di liga Eliteserien 2018, Haaland menerima penghargaan Eliteserien Breakthrough of the Year. Dia menyelesaikan musim 2018 sebagai pencetak gol terbanyak Molde dengan 16 gol dalam 30 penampilan di semua kompetisi. Secara total, ia memainkan 50 pertandingan dan mencetak 20 gol untuk Molde.

Red Bull Salzburg

Pada 19 Agustus 2018, Red Bull Salzburg mengumumkan penandatanganan Haaland, yang diintegrasikan ke dalam skuad senior pada 1 Januari 2019. Kontrak sang striker dengan klub Austria itu selama lima tahun. Pada 19 Juli 2019, Haaland mencetak hat-trick pertamanya untuk klub dalam kemenangan 7-1 di Piala Austria melawan SC-ESV Parndorf, dan pada 10 Agustus dengan hat-trick pertamanya di Bundesliga Austria dalam kemenangan 5-2 melawan Wolfsberger. Haaland mencetak hat-trick ketiganya untuk Red Bull Salzburg pada 14 September dalam kemenangan 7-2 atas TSV Hartberg. Tiga hari kemudian ia mendapatkan satu lagi pada debutnya di Liga Champions melawan Genk dengan kemenangan 6-2.

Haaland menjadi yang termuda kedua dalam sejarah Liga Champions UEFA yang mencetak gol dalam tiga penampilan pertamanya di kompetisi tersebut, setelah Karim Benzema, dengan 1 gol melawan Liverpool dan dua gol melawan Napoli. Dengan cara ini, ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak enam gol dalam tiga pertandingan Liga Champions pertamanya. Dia kemudian mencetak gol ke gawang Napoli untuk menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam empat pertandingan berturut-turut dan pemain keempat yang mencapai prestasi ini, setelah Alessandro Del Piero dan Diego Costa. Pada tanggal 27 November, ia kembali mencetak gol ke gawang Genk, mencetak gol dalam lima pertandingan Liga Champions berturut-turut dan menyamai rekor yang dipegang oleh Alessandro Del Piero, Serhiy Rebrov, Neymar, Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski.

Borussia Dortmund

Haaland pada tahun 2020.

Pada 29 Desember 2019, ia diumumkan sebagai penguat baru Borussia Dortmund dengan kontrak yang berlaku hingga 2024.

Haaland melakukan debut Bundesliga pada 18 Januari 2020 melawan Augsburg, masuk di babak kedua dan mencetak hat-trick hanya dalam waktu dua puluh menit dalam kemenangan 5-3. Di babak berikutnya pada 24 Januari, Haaland kembali masuk di babak kedua dan mencetak dua gol lagi dalam kemenangan 5-1 melawan Cologne. Haaland membuat penampilan pertamanya untuk Borussia Dortmund pada 18 Januari 2020. Dalam pertandingan ketiganya untuk Borussia Dortmund, yang pertama sebagai starter, ia menegaskan performa hebatnya sekali lagi dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 melawan Union Berlin. Dengan ini, ia menjadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang mencetak tujuh gol dalam tiga penampilan pertamanya.

Pada 18 Februari ia menjadi starter dan memainkan pertandingan Liga Champions pertamanya dengan seragam Dortmund, mencetak dua gol melawan Paris Saint-Germain di leg pertama babak 16 besar. Dengan demikian, dengan sepuluh gol, ia menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dalam kompetisi bersama Robert Lewandowski.

Di final Piala Jerman melawan RB Leipzig, sang striker tampil bagus dan meraih gelar juara dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1. Di akhir musim, Haaland terpilih sebagai Pemain Terbaik Bundesliga 2020-21.

Pada usia 20 tahun, Haaland adalah pencetak gol terbanyak di Liga Champions 2020-21, dengan 10 gol dalam 8 pertandingan. Ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak termuda dalam sejarah kompetisi.

Pada 10 Mei 2022, penjualannya ke Manchester City diumumkan dengan rumor harga biaya sebesar 60 juta euro.

Tim Nasional Norwegia

Timnas U-20 Norwegia

Erling Haaland telah bermain untuk tim muda Norwegia sejak tahun 2015, dan menjadi trending dunia di Piala Dunia FIFA U-20 2019 ketika ia mencetak sembilan gol yang luar biasa dalam kemenangan 12-0 atas Honduras, mengamankan pencetak gol terbanyak kompetisi.

Timnas Senior Norwegia

Menyusul penampilannya yang mengesankan di Piala Dunia FIFA U-20 2019, dan kemudian penampilannya yang bagus di Red Bull Salzburg, mencetak enam gol dalam empat pertandingan liga pertamanya, pada 28 Agustus 2019 Haaland dipanggil oleh pelatih Lars Lagerbäck ke tim nasional senior Norwegia untuk kualifikasi Euro 2020 melawan Malta dan Swedia. Ia melakukan debutnya pada 5 September 2019 melawan tim nasional Malta.

Gaya bermain

Sebagai pencetak gol yang produktif, dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, Haaland memiliki semua atribut penyerang tengah yang lengkap. Dia menggunakan tubuhnya yang besar untuk menahan permainan secara efektif dan berduel dengan pemain lawan. Ia memiliki kecepatan dan pergerakan yang cerdas untuk berlari di belakang; ia dapat menggiring bola dan menciptakan peluang; dan ia dapat menyelesaikan dengan kedua kaki dan kepalanya. Ia biasanya datang dari dalam untuk mengumpulkan bola untuk membantu timnya membangun permainan, sering kali ia ingin menyebarkan bola lebar-lebar untuk rekan setimnya, sebelum berbalik dan berlari ke arah gawang. Dia terkadang datang terlalu dalam sehingga para pemain bertahan tidak mengikutinya, karena itu dia memiliki kesadaran untuk menghidupkan bola dan menciptakan dari posisi menghadap ke depan. Di dalam kotak penalti, ia membuat gerakan kecil dan tajam untuk melihat peluang bagi rekan setimnya untuk mencoba mencari peluar di duel udara, dan mengubah garis di mana ia berlari dan berakselerasi ke dalam ruang itu, membuatnya sangat sulit dibaca oleh para pemain bertahan.

Ia menggunakan tubuhnya dengan baik saat bermain dengan membelakangi gawang, melindungi bola secara efektif saat ia mencoba membawanya di bawah kendali. Mengingat ia dapat menggunakan kekuatannya untuk mengamankan penguasaan bola saat berada di bawah tekanan, ia juga efektif dalam memberikan kelonggaran kepada pemain bertahan timnya setelah melakukan clearance. Kreativitas Haaland paling jelas terlihat ketika ia menyerang cepat di posisi kiri. Tujuan utamanya selalu untuk melepaskan tembakan, tetapi ia juga memiliki visi dan keterampilan menjadi play maker dengan delay-delay yang terukur dari lini tengah. Kemampuannya membawa bola dengan cepat juga membantu menciptakan peluang bagi pemain lain, terutama dalam serangan balik.

Haaland menyebut Cristiano Ronaldo, Michu, Jamie Vardy dan Robin van Persie sebagai inspirasi dan pemain favorit dan idola, dan memuji Virgil van Dijk dan Sergio Ramos sebagai dua bek terberat yang pernah ia lawan.

Agama Erling Haaland

Banyak orang indonesia yang penasaran tentang apa agama Erling Haaland. Tentu karena ada sebuah gosip dan foto yang beredar Erling Haaland sedang berada di masjid. Foto ini diambil oleh saudaranya. namun demikian, tidak ada informasi resmi Erling Haaland beragama islam. Mungkin sebagaimana adab orang-orang eropa hang tabu ketika ditanya soal agama karena merupakan ranah privat sehingga Erling Haaland jarang gembar gembor soal agama.

Trending

0 Response to "Profil Erling Haaland: Karir, orang tua, Agama, Rekor, Statistik Mengejutkan"

Posting Komentar