Disunat Jin


Disunat jin adalah istilah yang diberikan pada kondisi penis dengan bentuk seperti habis disunat, dengan bentuk kulup atau kulit penis tertarik kebelakang dan menampilkan kepala penis dengan jelas seperti habis disunat. Kondisi ini juga biasanya disertai rasa nyeri hingga memunculkan istilah disunat jin ini.

Istilah disunat jin ini masih kerap diucapkan di berbagai daerah di seluruh indonesia termasuk pulau jawa, sumatra kalimantan dll. Disunat jin kerap juga dikaitkan dengan mitos dan hal gaib oleh masyrakat indonesia. disunat jin ini biasanya terjadi pada anak-anak yang belum disunat. Penyebabnya Dipercayai karena melanggar pantangan tertentu, pamali atau hal lainya. Oleh karena itu biasanya anak-anak yang dipercayai disunat jin kemudian ahirnya disunat secara benar.

Penjelasan medis disunat jin

Disunat jin ternyata bukan mitos dan hal gaib. Dalam dunia medis kondisi disunat jin disebut dengan parafimosis. Parafimosis adalah kondisi dimana Prepusium penis yang diretraksi sampai sulkus koronarius tidak dapat dikembalikan pada keadaan semula dan timbul jeratan pada penis dibelakang sulkus koronarius. 


bahasa medis memang agak sulit dicerna. Untuk itu perhatikan gambar di atas dimana kondisi penis dalam kondisi Parafimosis. Gambar A adalah kondisi Parafimosis dimana kulit penis tertarik kebelakang dan menjerat ujung penis dan tidak dapat kembali kedepan. Kondisi ini berbahaya jika dibiarkan karena menyumbat aliran darah, dan membuat sulit buang air kecil dan rasa nyeri. Kondisi ini biasanya disebabkan karena kondisi penis yang kotor ataupun kelainan anatomi. Pasien yang mengalami ini mayoritas anak-anak berumur di bawah 10 tahun. atua belum disunat.

KOndisi B adalah komplikasi Parafimosis dimana terjadi pembengkakan. KOndisi C adalah cara mengembalikan ke posisi semula oleh petugas medis jika masih bisa dilakukan secara manual. Kondisi D adalah penanganan terahir yakni dengan cara sirkumsisi atau disunat dengan membuat kulit yang bermasalah. 

Posting Komentar