Mesjid Agung Purbalingga Jawa Tengah

 

Mesjid Agung Purbalingga tampak depan malam hari

Masjid Agung Purbalingga adalah sebuah masjid yang terletak di Purbalingga, Jawa Tengah. Masjid ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah dan dipugar oleh Bupati Purbalingga, Drs. Triyono Budi Sasongko, MSi. Dengan arsitektur yang mengadopsi Masjid Nabawi di Madinah dan berkapasitas hingga 2500 orang.

Masjid ini terletak di kawasan pusat kota Purbalingga tepat di depan Alun Alun. Alamat Dalan Jambu Karang No 1 Purbalingga.

Bangunan masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Purbalingga ini memiliki ciri khas. Gaya arsitektur masjid ini juga tidak kalah megahnya. Pada renovasi tahun 2002, masjid ini dibangun dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Timur Tengah. Dan itu tampak seperti kunjungan ke masjid di Madinah. Masjid ini memiliki atap limas bersusun tiga berwarna hijau dan juga memiliki kubah berwarna putih di depannya. Di depan masjid memiliki ketinggian seperti masjid Nabi.

Masjid Agung Darussalam dibangun pada tahun 1853 M atau 1269 M oleh seorang ulama setempat bernama KH Abdullah Ibrahim. Pembangunan dilakukan di atas lahan seluas 5.500 meter persegi. Masjid benih sedang mengalami renovasi pada lima batas. Pada tahun 1918, 1960, 1970, 1980-1985 dan terakhir pada 2002-2004. Dana yang dialokasikan untuk rehabilitasi pada tahun 2002 sebesar 2 miliar rupiah.

Mesjid Agung Purbalingga siang hari

Mesjid Agung Purbalingga

Mesjid Agung Purbalingga tmpak atas

Mesjid Agung Purbalingga tampak dalam


Posting Komentar