Bavaria (Bayern - Negara Bagian Jerman)

Bavaria (/bəˈvɛəəriə/; bahasa Jerman: Bayern, diucapkan [ˈbaɪ̯ɐn] adalah sebuah negara bagian di tenggara Jerman. Dengan luas 70.550,19 km2 (27.239,58 sq mi), Bayern adalah negara bagian Jerman terbesar berdasarkan luas daratan, yang terdiri dari sekitar seperlima dari total luas daratan Jerman. Dengan lebih dari 13 juta penduduk, Bavaria merupakan negara bagian kedua setelah Rhine-Westphalia Utara, tetapi karena ukurannya yang besar, kepadatan penduduknya di bawah rata-rata Jerman. Kota-kota utama Bavaria adalah Munich (ibu kota dan kota terbesarnya dan juga kota terbesar ketiga di Jerman), Nuremberg, dan Augsburg.

Sejarah Bavaria termasuk diawali oleh suku-suku Celtic Zaman Besi, diikuti oleh penaklukan Kekaisaran Romawi pada abad ke-1 SM, ketika wilayah ini dimasukkan ke dalam provinsi Raetia dan Noricum. Wilayah ini menjadi Kadipaten Bavaria (kadipaten induk) pada abad ke-6 Masehi setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat. Bavaria kemudian dimasukkan ke dalam Kekaisaran Romawi Suci, menjadi kerajaan independen setelah tahun 1806, bergabung dengan Kekaisaran Jerman yang dipimpin Prusia pada tahun 1871 dengan tetap mempertahankan gelar kerajaan, dan akhirnya menjadi negara bagian Republik Federal Jerman sejak tahun 1949.

Bavaria memiliki budaya yang unik, sebagian besar karena pluralitas Katolik yang besar dan tradisi konservatif negara bagian ini. Orang Bavaria secara tradisional bangga dengan budaya mereka, yang mencakup bahasa, masakan, arsitektur, festival seperti Oktoberfest dan elemen simbolisme Alpine. Negara bagian ini juga memiliki ekonomi terbesar kedua di antara negara-negara bagian Jerman berdasarkan angka PDB, memberikan status sebagai wilayah Jerman yang cukup kaya.

Bavaria kontemporer juga mencakup bagian dari wilayah bersejarah Franconia dan Swabia.

Sejarah

jaman Prasejarah

Bangsa Bavaria muncul di wilayah utara Pegunungan Alpen, yang sebelumnya dihuni oleh bangsa Celtic, yang merupakan bagian dari provinsi Romawi Raetia dan Noricum.

Orang Bavaria berbicara dalam dialek Jermanik yang berkembang menjadi bahasa Jerman Tinggi Kuno selama awal Abad Pertengahan, namun, tidak seperti kelompok Jermanik lainnya, mereka mungkin tidak bermigrasi dari tempat lain ketika pengaruh Romawi Barat runtuh.

Sebaliknya, mereka tampaknya telah menyatu dari kelompok-kelompok lain yang ditinggalkan oleh penarikan Romawi pada akhir abad ke-5. Orang-orang ini mungkin termasuk Boii Celtic, beberapa orang Romawi yang tersisa, Marcomanni, Allemanni, Quadi, Thuringian, Goth, Scirians, Rugians, Heruli. Nama "Bavaria" ("Baiuvarii") berarti "Orang-orang Baia" yang mungkin menunjukkan Bohemia, tanah air Boii Celtic dan kemudian Marcomanni. Mereka pertama kali muncul dalam sumber-sumber tertulis sekitar tahun 520.

Seorang penulis sejarah Yahudi abad ke-17 David Solomon Ganz, mengutip Cyriacus Spangenberg, mengklaim bahwa keuskupan itu dinamai menurut nama seorang raja Bohemia kuno, Boiia, pada abad ke-14 SM.

Abad Pertengahan

Dari sekitar tahun 554 hingga 788, keluarga Agilolfing memerintah Kadipaten Bavaria, berakhir dengan Tassilo III yang digulingkan oleh Charlemagne.

Tiga adipati awal disebutkan dalam sumber-sumber Frank: Garibald I mungkin telah ditunjuk untuk menjabat oleh raja-raja Merovingian dan menikahi putri Lombardia, Walderada, ketika gereja melarangnya menikah dengan Raja Chlothar I pada tahun 555. Putri mereka, Theodelinde, menjadi Ratu Lombard di Italia utara dan Garibald terpaksa melarikan diri kepadanya ketika ia berselisih dengan penguasa Franka.

Pengganti Garibald, Tassilo I, mencoba dengan tidak berhasil untuk mempertahankan perbatasan timur melawan ekspansi Slavia dan Avar sekitar tahun 600. Putra Tassilo, Garibald II, tampaknya telah mencapai keseimbangan kekuasaan antara tahun 610 dan 616.

Setelah Garibald II, hanya sedikit yang diketahui tentang Bavaria sampai Adipati Theodo I, yang pemerintahannya mungkin telah dimulai sejak tahun 680. Dari tahun 696 dan seterusnya, ia mengundang para gereja dari barat untuk mengorganisir gereja-gereja dan memperkuat kekristenan di kadipatennya. (Tidak jelas bagaimana kehidupan keagamaan Bavaria sebelum masa ini).

Putranya, Theudebert, memimpin kampanye Bavaria yang menentukan untuk campur tangan dalam perselisihan suksesi di Kerajaan Lombardia pada tahun 714, dan menikahkan saudara perempuannya Guntrud dengan Raja Lombardia Liutprand. Pada kematian Theodo, kadipaten dibagi di antara putra-putranya, tetapi disatukan kembali di bawah cucunya Hugbert.

Pada saat kematian Hugbert (735) kadipaten ini beralih ke seorang kerabat jauh bernama Odilo, dari negara tetangga Alemannia (Jerman barat daya modern dan Swiss utara). Odilo mengeluarkan kode hukum untuk Bavaria, menyelesaikan proses organisasi gereja dalam kemitraan dengan Santo Bonifasius (739), dan mencoba untuk campur tangan dalam perselisihan suksesi Frank dengan memperjuangkan klaim Grifo Carolingian. Ia dikalahkan di dekat Augsburg pada tahun 743 tetapi terus memerintah sampai kematiannya pada tahun 748.

Santo Bonifasius menyelesaikan pertobatan rakyat menjadi Kristen pada awal abad ke-8. Tassilo III (lahir 741 - wafat setelah 796) menggantikan ayahnya pada usia delapan tahun setelah upaya yang gagal oleh Grifo untuk memerintah Bavaria. Dia awalnya memerintah di bawah pengawasan Frank, tetapi mulai berfungsi secara independen dari tahun 763 dan seterusnya. Dia terutama terkenal karena mendirikan biara-biara baru dan untuk memperluas ke timur, memerangi orang-orang Slavia di Pegunungan Alpen timur dan di sepanjang Danube dan menjajah tanah-tanah ini.

Namun, setelah tahun 781, sepupunya Charlemagne mulai menekan Tassilo untuk tunduk dan akhirnya menggulingkannya pada tahun 788. Penggulingan itu tidak sepenuhnya sah.

Para pembangkang berusaha melakukan kudeta terhadap Charlemagne di ibukota lama Tassilo, Regensburg pada tahun 792, dipimpin oleh putranya sendiri, Pépin si Bongkok. Raja harus menyeret Tassilo keluar dari penjara untuk secara resmi melepaskan hak dan gelarnya di Majelis Frankfurt pada tahun 794. Ini adalah kemunculan terakhir Tassilo dalam sumber-sumber, dan ia mungkin meninggal sebagai seorang biarawan. Karena semua keluarganya juga dipaksa masuk biara, ini adalah akhir dari dinasti Agilolfing.

Selama 400 tahun berikutnya, banyak keluarga yang memegang kadipaten, jarang lebih dari tiga generasi. Dengan pemberontakan Adipati Henry yang Bertengkar pada tahun 976, Bayern kehilangan wilayah besar di selatan dan tenggara.

Wilayah Ostarrichi diangkat menjadi kadipaten dengan haknya sendiri dan diberikan kepada keluarga Babenberger. Peristiwa ini menandai berdirinya Austria.

Yang terakhir, dan salah satu yang paling penting, dari adipati-adipati Bayern adalah Henry Singa dari keluarga Welf, pendiri Munich, dan secara de facto orang kedua yang paling berkuasa di kekaisaran sebagai penguasa dua kadipaten. Ketika pada tahun 1180, Henry sang Singa digulingkan sebagai Adipati Sachsen dan Bayern oleh sepupunya, Frederick I, Kaisar Romawi Suci (alias "Barbarossa" karena janggut merahnya), Bayern dianugerahi sebagai fief kepada keluarga Wittelsbach, menghitung palatinate Schyren ("Scheyern" dalam bahasa Jerman modern). Mereka memerintah selama 738 tahun, dari tahun 1180 hingga 1918. Elektorat Palatinate by Rhine (Kurpfalz dalam bahasa Jerman) juga diakuisisi oleh Wangsa Wittelsbach pada tahun 1214, yang kemudian mereka kuasai selama enam abad.

Pembagian pertama dari beberapa pembagian kadipaten Bavaria terjadi pada tahun 1255. Dengan punahnya Hohenstaufen pada tahun 1268, wilayah Swabia diakuisisi oleh adipati Wittelsbach. Kaisar Louis sang Bavaria memperoleh Brandenburg, Tyrol, Belanda, dan Hainaut untuk Rumahnya, tetapi melepaskan Palatinate Hulu untuk cabang Palatinate dari Wittelsbach pada tahun 1329.

Pada abad ke-14 dan ke-15, Bavaria Atas dan Bawah berulang kali dibagi lagi. Empat Kadipaten ada setelah pembagian tahun 1392: Bavaria-Straubing, Bavaria-Landshut, Bavaria-Ingolstadt dan Bavaria-Munich. Pada tahun 1506 dengan Perang Suksesi Landshut, bagian lain dari Bavaria disatukan kembali, dan Munich menjadi satu-satunya ibu kota. Negara ini menjadi pusat Kontra Reformasi yang diilhami Jesuit

Kerajaan Bavaria


Herald Bavaria Joerg Rugenn mengenakan tabard lengan sekitar tahun 1510

Ketika Napoleon menghapuskan Kekaisaran Romawi Suci, Bavaria menjadi - atas hadiah Napoleon - sebuah kerajaan pada tahun 1806, sebagian karena Konfederasi Rhine.

Wilayahnya menjadi dua kali lipat setelah Kadipaten Jülich diserahkan ke Prancis, karena Electoral Palatinate dibagi antara Prancis dan Kadipaten Agung Baden. Kadipaten Berg diberikan kepada Jerome Bonaparte. Tyrol dan Salzburg untuk sementara disatukan kembali dengan Bayern, tetapi akhirnya diserahkan ke Austria oleh Kongres Wina.

Sebagai imbalannya, Bavaria diizinkan untuk mencaplok wilayah Palatinate modern di sebelah barat Rhine dan Franconia pada tahun 1815. Antara tahun 1799 dan 1817, menteri utama, Count Montgelas, mengikuti kebijakan modernisasi yang ketat meniru Prancis Napoleon; ia meletakkan dasar-dasar struktur administrasi terpusat yang bertahan dari monarki dan, sebagian, telah mempertahankan validitas inti hingga abad ke-20.

Pada bulan Mei 1808, konstitusi pertama disahkan oleh Maximilian I, yang dimodernisasi pada tahun 1818. Versi kedua ini membentuk Parlemen bikameral dengan House of Lords (Kammer der Reichsräte) dan House of Commons (Kammer der Abgeordneten). Konstitusi itu diikuti sampai runtuhnya monarki pada akhir Perang Dunia I.

Setelah kebangkitan Prusia ke tampuk kekuasaan pada awal abad ke-18, Bayern mempertahankan kemerdekaannya dengan memainkan persaingan Prusia dan Austria. Bersekutu dengan Austria, Bavaria dikalahkan bersama dengan Austria dalam Perang Austro-Prusia 1866 dan tidak dimasukkan ke dalam Konfederasi Jerman Utara tahun 1867, tetapi pertanyaan tentang persatuan Jerman masih hidup. Ketika Prancis menyatakan perang terhadap Prusia pada tahun 1870, semua negara bagian Jerman selatan (Baden, Württemberg, Hessen-Darmstadt dan Bavaria) selain Austria, bergabung dengan pasukan Prusia dan akhirnya bergabung dengan Federasi, yang berganti nama menjadi Deutsches Reich (Kekaisaran Jerman) pada tahun 1871.

Bavaria terus berlanjut secara formal sebagai monarki, dan memiliki beberapa hak khusus dalam federasi (seperti tentara, kereta api, layanan pos, dan badan diplomatik sendiri) tetapi badan diplomatik kemudian dibatalkan oleh Wilhelm II yang menyatakan mereka ilegal dan menyingkirkan layanan diplomatik.

Bagian dari Kekaisaran Jerman

Ketika Bavaria menjadi bagian dari Kekaisaran Jerman yang baru terbentuk, tindakan ini dianggap kontroversial oleh kaum nasionalis Bavaria yang ingin mempertahankan kemerdekaan dari seluruh Jerman, seperti halnya Austria.

Karena Bavaria memiliki populasi mayoritas Katolik, banyak orang yang membenci diperintah oleh sebagian besar orang utara Protestan Prusia. Sebagai akibat langsung dari perseteruan Bavaria-Prusia, partai-partai politik dibentuk untuk mendorong Bavaria melepaskan diri dan mendapatkan kembali kemerdekaannya.

Pada awal abad ke-20, Wassily Kandinsky, Paul Klee, Henrik Ibsen, dan seniman lainnya tertarik ke Bavaria, terutama ke distrik Schwabing di Munich, pusat aktivitas artistik internasional. Daerah ini hancur akibat pengeboman dan invasi selama Perang Dunia II.

Negara Bagian Bavaria yang Bebas

Negara Bebas telah menjadi sebutan yang diadopsi setelah penghapusan monarki setelah Perang Dunia I di beberapa negara bagian Jerman.

Pada tanggal 12 November 1918, Ludwig III menandatangani sebuah dokumen, deklarasi Anif, yang membebaskan para pejabat sipil dan militer dari sumpah mereka; pemerintah republik yang baru dibentuk, atau "Negara Rakyat" dari perdana menteri Sosialis Kurt Eisner, menafsirkan hal ini sebagai pengunduran diri. Namun, hingga saat ini, tidak ada anggota Wangsa Wittelsbach yang pernah secara resmi menyatakan pelepasan takhta.

Di sisi lain, tidak ada satu pun yang pernah secara resmi meminta klaim Bavaria atau Stuart mereka. Anggota keluarga aktif dalam kehidupan budaya dan sosial, termasuk kepala keluarga, Franz, Adipati Bavaria. Mereka mundur dari pengumuman apa pun tentang urusan publik, menunjukkan persetujuan atau ketidaksetujuan hanya dengan kehadiran atau ketidakhadiran Franz.

Eisner dibunuh pada bulan Februari 1919, yang akhirnya menyebabkan pemberontakan Komunis dan Republik Soviet Bavaria yang berumur pendek diproklamasikan pada 6 April 1919. Setelah penindasan dengan kekerasan oleh elemen-elemen Angkatan Darat Jerman dan terutama Freikorps, Republik Soviet Bavaria jatuh pada Mei 1919. Konstitusi Bamberg (Bamberger Verfassung) diberlakukan pada 12 atau 14 Agustus 1919 dan mulai berlaku pada 15 September 1919, menciptakan Negara Bebas Bavaria di dalam Republik Weimar.

Aktivitas ekstremis semakin meningkat, terutama Beer Hall Putsch tahun 1923 yang dipimpin oleh Sosialis Nasional, dan Munich serta Nuremberg dipandang sebagai benteng Nazi selama Republik Weimar dan kediktatoran Nazi. Namun, dalam pemilihan federal Jerman yang krusial, Maret 1933, Nazi menerima kurang dari 50% suara yang diberikan di Bavaria.

Sebagai pusat manufaktur, Munich dibom besar-besaran selama Perang Dunia II dan diduduki oleh pasukan AS, menjadi bagian utama dari Zona Amerika di Jerman yang diduduki Sekutu (1945-47) dan kemudian "Bizonia".

Palatinate Rhenish terlepas dari Bavaria pada tahun 1946 dan menjadi bagian dari negara bagian baru Rhineland-Palatinate. Selama Perang Dingin, Bavaria adalah bagian dari Jerman Barat. Pada tahun 1949, Negara Bagian Bebas Bavaria memilih untuk tidak menandatangani Perjanjian Pendirian (Gründungsvertrag) untuk pembentukan Republik Federal Jerman, menentang pembagian Jerman menjadi dua negara setelah Perang Dunia II.

Parlemen Bavaria tidak menandatangani Undang-Undang Dasar Jerman, terutama karena dianggap tidak memberikan kekuasaan yang cukup kepada masing-masing Länder (negara bagian), tetapi pada saat yang sama memutuskan bahwa undang-undang tersebut akan tetap berlaku di Bavaria jika dua pertiga Länder lainnya meratifikasinya. Namun, semua Länder lain meratifikasinya, sehingga menjadi undang-undang.

Identitas Bavaria

Orang Bavaria sering menekankan identitas nasional yang terpisah dan menganggap diri mereka sebagai "orang Bavaria" pertama, "orang Jerman" kedua.

Dalam pengertian abad ke-19, Negara Bavaria yang independen hanya ada dari tahun 1806-71. Perasaan ini mulai muncul lebih kuat di antara orang Bavaria ketika Kerajaan Bavaria dipaksa oleh Bismarck untuk bergabung dengan Kekaisaran Jerman yang didominasi Protestan Prusia pada tahun 1871, sementara kaum nasionalis Bavaria ingin mempertahankan Bavaria sebagai Katolik dan negara yang merdeka. Selain Partai Bavaria yang minoritas, sebagian besar orang Bavaria sekarang menerima Bavaria sebagai bagian dari Jerman.

Pertimbangan lain adalah bahwa orang Bavaria memupuk identitas budaya yang berbeda: Franconia di utara, berbicara bahasa Jerman Franconia Timur; Bavaria Swabia di barat daya, berbicara bahasa Jerman Swabia; dan Altbayern (disebut "Bavaria Lama", wilayah yang membentuk Bavaria "bersejarah", berbentuk segi lima sebelum akuisisi melalui Kongres Wina, saat ini distrik Palatinate Atas, Bavaria Bawah dan Atas) berbicara bahasa Austro-Bavaria.

Di Munich, dialek Bavaria Kuno tersebar luas, tetapi saat ini bahasa Jerman Tinggi lebih banyak digunakan di sana. Selain itu, dengan pengusiran penutur bahasa Jerman dari Eropa Timur, Bavaria telah menerima populasi besar yang bukan orang Bavaria tradisional. Secara khusus, orang Jerman Sudeten, yang diusir dari negara tetangga Cekoslowakia, dianggap telah menjadi "suku keempat" orang Bavaria.

Bendera dan lambang

Bendera


Uniknya di antara negara-negara bagian Jerman, Bavaria memiliki dua bendera resmi dengan status yang sama, satu dengan garis putih dan biru, yang lain dengan lozenges putih dan biru. Keduanya dapat digunakan oleh warga sipil dan kantor pemerintah, yang bebas memilih di antara keduanya. Versi tidak resmi dari bendera, terutama gaya lozenge dengan lambang, kadang-kadang digunakan oleh warga sipil.

Lambang

Lambang modern Bavaria dirancang oleh Eduard Ege pada tahun 1946, mengikuti tradisi heraldik.


  • Singa Emas: Di kepala dexter, sable, seekor singa merajalela Or, bersenjata dan berlutut gules. Ini mewakili wilayah administratif Palatinate Atas.
  • "Franconian Rake": Pada kepala sinister, per fess dancetty, gules, dan argent. Ini mewakili wilayah administratif Franconia Atas, Tengah dan Bawah.
  • Biru "Pantier" (makhluk mitos dari heraldik Perancis, menggunakan api sebagai pengganti lidah): Di dasar dexter, argent, sebuah Pantier merajalela azure, bersenjata Or dan berlidah gules. Ini melambangkan wilayah Bavaria Bawah dan Atas.
  • Tiga Singa: Di dasar sinister, Or, tiga singa passant guardant sable, bersenjata dan berlidah gules. Ini mewakili Swabia.
  • Inescutcheon Putih dan Biru: Inescutcheon putih dan biru fusils askance awalnya adalah lambang Counts of Bogen, diadopsi pada tahun 1247 oleh House of Wittelsbach. Fusil putih-biru tidak dapat disangkal lagi merupakan lambang Bavaria dan lambang-lambang ini sekarang melambangkan Bavaria secara keseluruhan. Bersama dengan Mahkota Rakyat, secara resmi digunakan sebagai Lambang Minor.
  • Mahkota Rakyat (Volkskrone): Lambang ini diatasi oleh mahkota dengan pita emas yang disisipi batu mulia dan dihiasi dengan lima daun hias. Mahkota ini pertama kali muncul dalam lambang untuk melambangkan kedaulatan rakyat setelah mahkota kerajaan ditiadakan pada tahun 1923.

Geografi

Bavaria berbatasan dengan Austria (Salzburg, Tyrol, Austria Hulu, dan Vorarlberg) dan Republik Ceko (Karlovy Vary, Plzeň, dan Wilayah Bohemia Selatan), serta dengan Swiss (melintasi Danau Constance ke Kanton St. Gallen).

Semua negara ini adalah bagian dari Wilayah Schengen, sehingga perbatasannya benar-benar terbuka.

Negara bagian tetangga di Jerman adalah Baden-Württemberg, Hesse, Thuringia, dan Saxony. Dua sungai utama mengalir melalui negara bagian ini: Danube (Donau) dan Main. Pegunungan Alpen Bavaria menentukan perbatasan dengan Austria (termasuk negara federal Austria Vorarlberg, Tyrol dan Salzburg), dan di dalam pegunungan ini terdapat puncak tertinggi di Jerman: Zugspitze.

Hutan Bavaria dan Hutan Bohemia membentuk sebagian besar perbatasan dengan Republik Ceko dan Bohemia.

Kota-kota besar di Bavaria adalah Munich (München), Nuremberg (Nürnberg), Augsburg, Regensburg, Würzburg, Ingolstadt, Fürth, dan Erlangen.

Pusat geografis Uni Eropa terletak di sudut barat laut Bavaria.

Iklim

Pada ketinggian yang lebih rendah, iklim diklasifikasikan menurut panduan Köppen sebagai "Cfb" atau "Dfb" pada ketinggian yang lebih rendah, kemudian pada ketinggian yang lebih tinggi iklim menjadi "Dfc" dan "ET".

Bulan-bulan musim panas semakin panas dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, Juni 2019 adalah bulan Juni terpanas di Bavaria sejak pengamatan cuaca dicatat dan musim dingin 2019/2020 lebih hangat 3 derajat Celcius daripada suhu rata-rata selama bertahun-tahun di seluruh Bavaria. Pada 20 Desember 2019, rekor suhu 20,2 °C (68,4 °F) tercatat di Piding. Pada bulan-bulan musim dingin secara umum, curah hujan lebih sering terjadi dalam bentuk hujan daripada salju dibandingkan dengan masa lalu. Cuaca ekstrem seperti banjir Eropa 2013 atau hujan salju lebat Eropa 2019 semakin sering terjadi. Salah satu efek dari pemanasan yang terus berlanjut adalah mencairnya hampir semua gletser Alpine Bavaria: Dari lima gletser di Bavaria, hanya Höllentalferner yang diprediksi akan tetap ada dalam perspektif waktu yang lebih lama. Südliche Schneeferner hampir lenyap sejak tahun 1980-an.

Pertanian

Bavaria terkenal dengan hasil budidaya pertanian sebagai berikut:

  • Penanaman hop di wilayah Hallertau, yang mencapai 80% dari produksi Jerman dan diekspor ke seluruh dunia.
  • Budidaya ikan mas dan trout di daratan.
  • Padang rumput alpine yang terhidrasi dengan baik digunakan untuk menghasilkan susu berkualitas dalam jumlah besar, yang digunakan untuk membuat berbagai keju (termasuk keju berurat biru), yogurt dan mentega (Meggle).
  • Budidaya asparagus tersebar luas, yang merupakan sayuran musim baru yang sangat populer. Pada musimnya ("Spargelzeit") restoran-restoran menawarkan menu aspargaus khusus yang terpisah. Ada museum asparagus di Schrobenhausen.
  • Ada peternakan yang memproduksi daging rusa dari rusa dan telur.
  • Vitikultur tersebar luas di Franconia Bawah.
  • Ekologi yang baik dan kontrol yang ketat memungkinkan menghasilkan sejumlah besar produk organik ("bio") dan makanan bayi.

Industri

Bavaria memiliki industri yang paling berkembang di Jerman dan tingkat pengangguran terendah dengan 2,9% per Oktober 2021.

Bidang industrinya adalah sebagai berikut:

Penyulingan minyak. 

Meskipun ada produksi minyak di Bavaria, namun tidak memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sebagian besar minyak diimpor melalui pipa dari Republik Ceko (minyak Rusia) dan dari pelabuhan Trieste Italia (minyak Timur Dekat). Tiga kilang terletak di dekat Ingolstadt dan satu lagi di Burghausen. Yang terakhir adalah bagian dari segitiga kimia Bavaria dan bahan baris pengiriman ke pabrik kimia lainnya.

Otomotif 

adalah industri Bavaria yang paling penting dan paling berkembang, yang meliputi pembuatan mobil mewah (4 pabrik BMW dan 2 pabrik Audi, pusat Litbang, jalur uji coba), truk (Traton MAN), kendaraan khusus (Tadano Faun), bus (Evobus/Setra) dan suku cadang otomotif (mesin, elektronik, kabel, kursi, interior, atap cabrio, sistem pemanas dan rem, perangkat lunak). Bavaria memiliki karyawan terbanyak kedua (207.829) di industri otomotif dari semua negara bagian Jerman setelah Baden-Württemberg pada tahun 2018.

Militer dan Pesawat tempur

yang memproduksi jet serang multi-peran Eurofighter Typhoon, rudal dari MBDA dan Diehl Defence, bagian dari roket Ariane, jet regional Dornier 728, pesawat ultra-ringan dari Grob Aerospace, mesin jet turbo untuk aplikasi sipil dan militer dari MTU Aero Engines, helikopter Airbus, tank tempur utama Leopard 2, drone, bagian komposit, avionik, radar, propelan, inisiator, bubuk, amunisi. Di pinggiran kota Munich, Oberpfaffenhofen terletak pusat kendali sistem navigasi satelit Eropa Galileo, Pusat Operasi Antariksa Jerman, Institut Gelombang Mikro dan Radar, Institut Komunikasi dan Navigasi, Institut Teknologi Penginderaan Jauh, Institut Fisika Atmosferik, Institut Robotika dan Mekatronik, Institut Teknologi Perangkat Lunak, Institut Dinamika dan Kontrol Sistem.

Manufaktur transportasi lainnya 

juga ada di Bavaria. Bahkan ada yard kapal, misalnya Bavaria Yachtbau, meskipun lokasinya ratusan kilometer dari laut; memproduksi mesin diesel laut 4-tak, yang digunakan dalam kapal pesiar, feri dan kapal perang. Teknik rel diproduksi di Munich-Allach (lokomotif Siemens Vectron) dan kendaraan pemeliharaan rel di Freilassing.

Elektronik. 

Pusat desain chip terletak di daerah Munich (Infineon, Intel, Apple). Ada 3 FAB: Infineon di Regensburg, Texas Instruments di Freising dan Osram Optosemiconductors juga di Regensburg. Semikonduktor daya diproduksi oleh Semikron. Kontrol CNC diproduksi oleh Heidenhain, Traunreut dan Siemens, Amberg. Wafer silikon untuk manufaktur elektronik dikirim dari pabrik Siltronic di Burghausen.

Peralatan medis. 

Di Erlangen adalah kantor pusat Siemens Healthineers yang memproduksi perangkat untuk tomografi komputer, sistem sinar-X intervensi, terapi radiasi, pencitraan resonansi molekuler dan magnetik, perangkat lunak. Brainlab menciptakan perangkat lunak dan perangkat keras untuk operasi dengan panduan gambar. Roche Diagnostics di Penzberg memproduksi protein terapeutik, tes diagnostik, reagen, sistem analisis dan produk biofarma.

Pabrik bir. 

Bavaria memiliki tradisi pembuatan bir yang panjang, hampir setengah dari semua pabrik bir Jerman berlokasi di sini (645 dari 1300). Semua jenis tempat pembuatan bir yang mungkin ada: tempat pembuatan bir rumahan hotel atau restoran, milik perusahaan internasional besar, milik negara, kastil atau tempat pembuatan bir biara. Kualitas bir yang sempurna dijamin oleh hukum 500 tahun ("Reinheitsgebot"), yang hanya memperbolehkan bahan-bahan bir seperti air, hop, ragi dan malt dari barley, gandum atau gandum hitam. Tetapi perbedaan pemanggangan, fermentasi atau pencampuran memungkinkan untuk menghasilkan berbagai jenis bir (bukan merek). Vladimir Putin pada tahun 2009 mencicipi bir dari Brauerei Aying, Barack Obama pada tahun 2015 juga mencicipi bir Bavaria dari Karg Brauerei di Murnau. Di Freising terletak pusat penelitian Weihenstephan untuk pembuatan bir dan kualitas makanan.

Perusahaan

Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Bavaria, termasuk Adidas, Allianz, Airbus, Audi, BMW, Brose, BSH Hausgeräte, HypoVereinsbank, Infineon, KUKA, Traton, MTU Aero Engines, Munich Re, Osram, Puma, Rohde & Schwarz, Schaeffler, Siemens, Wacker Chemie, Linde, Vitesco Technologies, Webasto, Grob, Heidenhain, Koenig & Bauer, Kaeser Compressors, Krones, Knorr-Bremse, Wacker Neuson, Krauss-Maffei Wegmann, Siltronic, Leoni, Fielmann, MediaMarkt, Conrad Electronic, BayWa, ProSiebenSat. 1 Media, Telefónica Jerman, Knauf, Rehau, Giesecke+Devrient.

Juga perusahaan-perusahaan Amerika membuka banyak pusat penelitian dan pengembangan di wilayah Munich: Apple (desain chip), Google (keamanan data), IBM (teknologi Watson), Intel (drone dan chip telekomunikasi), General Electric (printer 3D dan manufaktur aditif), Gleason (manufaktur roda gigi), Texas Instruments (desain dan manufaktur chip), Coherent (laser).

Pariwisata

Kastil Neuschwanstein adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Bavaria. (Pegunungan Alpen berada di sebelah kiri bingkai foto)


Dengan 40 juta wisatawan pada tahun 2019, Bavaria adalah negara bagian Jerman yang paling banyak dikunjungi dan salah satu tujuan wisata terkemuka di Eropa.

Atraksi:

  • Taman hiburan: Legoland di Günzburg, Bayern-Park di Reisbach (Vils), Playmobil di Zirndorf, Skyline Park di Bad Wörishofen dan Bavaria Filmstadt di Grünwald
  • Pasar Natal di Rothenburg ob der Tauber, Nuremberg dan Munich
  • Pusat-pusat Pabrik-Outlet: Desa Ingolstadt dan Desa Wertheim
  • Festival: Oktoberfest

Tradisi

Orang Bavaria umumnya menekankan kebanggaan pada tradisi mereka. Kostum tradisional yang secara kolektif dikenal sebagai Tracht dikenakan pada acara-acara khusus dan termasuk di Altbayern Lederhosen untuk pria dan Dirndl untuk wanita. Musik rakyat yang berusia berabad-abad dipertunjukkan. Maibaum, atau Maypole (yang pada Abad Pertengahan berfungsi sebagai direktori bisnis komunitas, karena angka-angka pada tiang mewakili perdagangan desa), dan bagpipe di wilayah Palatinate Atas menjadi saksi sisa-sisa warisan budaya Celtic dan Jermanik kuno di wilayah tersebut. Ada banyak cabang olahraga tradisional Bavaria, misalnya Aperschnalzen, kompetisi mencambuk.

Baik di Bavaria, di luar negeri atau dengan warga dari negara lain, orang Bavaria terus mengembangkan tradisi mereka. Mereka mengadakan festival dan tarian untuk menjaga warisan mereka tetap hidup. Di New York City, German American Cultural Society adalah kelompok payung yang lebih besar bagi kelompok lain yang mewakili bagian tertentu dari Jerman, termasuk organisasi Bavaria. Mereka mempersembahkan parade Jerman yang disebut Steuben Parade setiap tahun. Berbagai acara afiliasi berlangsung di antara kelompok-kelompoknya, salah satunya adalah Bavarian Dancers.

Sepak Bola

Bavaria adalah rumah bagi beberapa klub sepak bola termasuk FC Bayern Munich, 1. FC Nürnberg, FC Augsburg, TSV 1860 Munich, FC Ingolstadt 04 dan SpVgg Greuther Fürth. Bayern Munich adalah tim sepak bola paling sukses di Jerman setelah memenangkan rekor 30 gelar Jerman dan 6 gelar Liga Champions UEFA. Mereka diikuti oleh 1. FC Nürnberg yang telah memenangkan 9 gelar. SpVgg Greuther Fürth telah memenangkan 3 gelar juara sementara TSV 1860 Munich telah menjadi juara sekali.

Tokoh-tokoh penting dari bavaria

Banyak orang terkenal yang lahir atau tinggal di Bavaria masa kini:

  • Raja-raja: Arnulf dari Carinthia, Carloman dari Bavaria, Charles si Gemuk, Lothair I, Louis si Anak, Louis si Jerman, Louis si Muda, Ludwig I dari Bavaria, Ludwig II dari Bavaria, Ludwig III dari Bavaria, Maximilian I Joseph dari Bavaria, Maximilian II dari Bavaria, Otto, Raja Bavaria
  • Pemimpin agama: Paus Benediktus XVI (Joseph Aloisius Ratzinger); Paus Damasus II, Paus Victor II.
  • Pelukis: Albrecht Dürer, Albrecht Altdorfer, Carl Spitzweg, Erwin Eisch, Franz von Lenbach, Franz von Stuck, Franz Marc, Gabriele Münter, Hans Holbein the Elder, Johann Christian Reinhart, Lucas Cranach, Paul Klee.
  • Musisi klasik Orlando di Lasso, Christoph Willibald Gluck, Leopold Mozart, Max Reger, Richard Wagner, Richard Strauss, Carl Orff, Johann Pachelbel, Theobald Boehm, Klaus Nomi.
  • Musisi lain Hans-Jürgen Buchner, Barbara Dennerlein, Klaus Doldinger, Franzl Lang, Band: Spider Murphy Gang, Sportfreunde Stiller, Obscura, Michael Bredl.
  • Penyanyi opera Jonas Kaufmann, Diana Damrau.
  • Penulis, penyair dan dramawan Hans Sachs, Jean Paul, Friedrich Rückert, August von Platen-Hallermünde, Frank Wedekind, Christian Morgenstern, Oskar Maria Graf, Bertolt Brecht, Lion Feuchtwanger, Thomas Mann, Klaus Mann, Golo Mann, Ludwig Thoma, Michael Ende, Ludwig Aurbacher.
  • Ilmuwan Albert Einstein, Max Planck, Wilhelm Conrad Röntgen, Werner Heisenberg, Adam Ries, Joseph von Fraunhofer, Georg Ohm, Johannes Stark, Carl von Linde, Ludwig Prandtl, Rudolf Mössbauer, Lothar Rohde, Hermann Schwarz, Robert Huber, Martin Behaim, Levi Strauss, Rudolf Diesel.
  • Dokter Alois Alzheimer, Max Joseph von Pettenkofer, Sebastian Kneipp.
  • Politisi Ludwig Erhard, Horst Seehofer, Christian Ude, Kurt Eisner, Franz-Josef Strauß, Roman Herzog, Leonard John Rose, Henry Kissinger.
  • Pemain sepak bola Max Morlock, Karl Mai, Franz Beckenbauer, Sepp Maier, Gerd Müller, Paul Breitner, Bernd Schuster, Klaus Augenthaler, Lothar Matthäus, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Holger Badstuber, Thomas Müller, Mario Götze, Dietmar Hamann, Stefan Reuter
  • Olahragawan lainnya Bernhard Langer, Dirk Nowitzki
  • Aktor Michael Herbig, Werner Stocker, Helmut Fischer, Walter Sedlmayr, Gustl Bayrhammer, Ottfried Fischer, Ruth Drexel, Elmar Wepper, Fritz Wepper, Uschi Glas, Yank Azman.
  • Penghibur Siegfried Fischbacher
  • Sutradara film Helmut Dietl, Rainer Werner Fassbinder, Bernd Eichinger, Joseph Vilsmaier, Hans Steinhoff, Heinz Badewitz dan Werner Herzog.
  • Desainer Peter Schreyer, Damir Doma
  • Pengusaha Charles Diebold, Levi Strauss
  • Militer Claus von Stauffenberg
  • Nazi: Sepp Dietrich, Karl Fiehler, Karl Gebhardt, Hermann Göring, Heinrich Himmler, Alfred Jodl, Josef Kollmer, Joseph Mengele, Ernst Röhm, Franz Ritter von Epp, Julius Streicher
  • Lainnya: Kaspar Hauser, The Smith of Kochel, Mathias Kneißl, Matthias Klostermayr, Anneliese Michel
Trending

0 Response to "Bavaria (Bayern - Negara Bagian Jerman)"

Posting Komentar