tanggal lebaran haji idul adha 2022

Kemarin seorang teman bertanya tanggal berapa tepatnya lebaran haji atau lebaran idul adha akan jatuh pada tahun 2022 ini? Sebenarnya akan mudah mengetahui dengan melihat kalender 2022. Disana akan jelas tertulis tanggal pasti tanggal merah idul adha lebaran haji 2022 yang jatuh pada bulan juli.

Hari Idul Adha di indonesia dilakukan bertepatan dengan puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim di mekah. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Bahwa bila umat Islam meyakini, bahwa pilar dan inti dari ibadah Haji adalah wukuf di Arafah, sementara Hari Arafah itu sendiri adalah hari ketika jamaah haji di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah, sebagaimana sabda Nabi saw.:

Ibadah haji adalah (wukuf) di Arafah.

—HR At Tirmidzi, Ibnu Majah, Al Baihaqi, ad Daruquthni, Ahmad, dan al Hakim. Al Hakim berkomentar, “Hadits ini sahih, sekalipun dia berdua [Bukhari-Muslim] tidak mengeluarkannya”.


Dalam hadits yang dituturkan oleh Husain bin al-Harits al-Jadali berkata, bahwa amir Makkah pernah menyampaikan khutbah, kemudian berkata:

Rasulullah saw. telah berpesan kepada kami agar kami menunaikan ibadah haji berdasarkan ru’yat (hilal Dzulhijjah). Jika kami tidak bisa menyaksikannya, kemudian ada dua saksi adil (yang menyaksikannya), maka kami harus mengerjakan manasik berdasarkan kesaksian mereka.

—HR Abu Dawud, al Baihaqi dan ad Daruquthni. Ad Daruquthni berkomentar, “Hadits ini isnadnya bersambung, dan sahih.”

Hadits ini menjelaskan:
Pertama, bahwa pelaksanaan ibadah haji harus didasarkan pada hasil ru’yat hilal 1 Dzulhijjah, sehingga kapan wukuf dan Idul Adhanya bisa ditetapkan. Kedua, pesan Nabi kepada amir Makkah, sebagai penguasa wilayah, tempat di mana perhelatan haji dilaksanakan untuk melakukan ru’yat; jika tidak berhasil, maka ru’yat orang lain, yang menyatakan kesaksiannya kepada amir Makkah.

Sementara idul adha 2022 berdasarkan kelender hijriah waktu indonesia bisa anda lihat pada kelender di bawah ini.

Berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar 29 Juni lalu, Kemenag telah menetapkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada hari Jumat (1/7/2022). Jika dihitung, maka Lebaran atau Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022.

Senada dengan pemerintah, PBNU juga mengumumkan bahwa Idul Adha  2022 jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Hal itu didasarkan pada laporan Lembaga Falakiyah PBNU, di mana seluruh lokasi tidak berhasil melihat hilal. Penetapan itu juga melalui pertimbangan umur bulan Dzulda’dah 1443 H adalah 30 hari (istikmal).

Sedangkan penetapan Idul Adha 2022 menurut versi Muhammadiyah berbeda. Ormas Islam terbesar ini melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022, telah menetapkan, bahwa 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada hari Kamis, 30 Juni 2022 M.

Lalu hari Arafah (9 Dzulhijjah 1443 H) hari Jumat, 8 Juli 2022 M, dan Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1443 H) jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022 M. Artinya, warga Muhammadiyah akan merayakan Idul Adha 2022 lebih cepat sehari dari pada lainnya
Trending

0 Response to "tanggal lebaran haji idul adha 2022"

Posting Komentar