10 Tingkat IQ dan Jenis Kecerdasan yang Dimiliki Manusia

Manusia adalah mahluk yang kompleks. Antara manusia yang satu dengan lainya pasti memiliki perbedaan. Tak ada satu manusiapun yang sama persis. INilah yang membedakan dengan hewan. Jika hewan, sebut saja, kucing, maka kecerdasan mereka rata rata sama saja antara kucing satu dengan yang lain. Berbeda dengan manusia, antara manusia yang satu dengan yang lain pasti memiliki tingkat kecerdasan dan IQ yang berbeda.

Ada yang manusia cerdas secara IQ namun tidak cerdas secara emosional dan sebaliknya.

Ilmu pengetahuan untuk kecerdasan dibagi dalam enam macam, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kecerdasan fisual / spesial ( kecerdasan gambar) : profesi yang cocok untuk tipe kecerdasan ini antra lain arsitak, seniman, designer mobil, insinyaur, designer graffis, komputer, kartunis,perancang intrior dan ahli fotografi. 
  2. Kecerdasan veerbal / linguistik ( kecerdasan Berbicara): Profesi yang cocok baagi mereka yang memiliki kecerdasan ini antara lain: pengarang atu menulis,guru.penyiar radio,peeemandu acara ,presenter, pengacara, penterjemah,pelawak. 
  3. Kecerdasan musik: Profesi yang cocok bagi yang memiliki ini adalah peenggubah lagu, pemusik, penyaanyi, disc jokey, guru seni suara, kritikus musik, ahli terapi musik, audio mixier( pemandu suara dan bunyi). 
  4. Kecerdasan logis / matematis ( Kecerdasan angka); Profesi yang cocol bagi mereka yang memiliki kecerdasan ini adalah ahli metematika ,ahli astronomi,ahli pikir, ahli forensik, ahli tata kota , penaksir kerugian asuransi,pialang saham, analis sistem komputer,ahli gempa. 
  5. Kecerdasan interpersonal ( cerdas diri ).Profesi yang cocok bagi tipe karakter manusia seperti mereka yang memiliki kecerdasan ini adalah ulama,pendeta,guru,pedagang , resepsionis ,pekerja sosial,pekerja panti asuhan, perantara dagang,pengacara, manajer konvensi, ahli melobi, manajer sumber daya manusia. 
  6. Kecerdasan intrapersonal ( cerdas bergaul ): profesi yang cocok bagi mereka yang memiliki kecerdasan ini adalah peneliti, ahli kearsipan, ahli agama, ahli budaya, ahli purbakala, ahli etika kedokteran. 


Persentase IQ dari Populasi dunia



Termasuk Golongan Mana IQ Anda?




Penjelasan :

A. Idiot, IQ 0-29

Idiot merupakan kelompok individu terbelakang paling rendah. Tidak dapat berbicara atau hanya mengucapkan beberapa kata saja. Biasanya tidak dapat mengurus dirinya sendiri seperti mandi, berpakaian, makan dan sebagainya, dia harus diurus oleh orang lain. Anak idiot tinggal ditempat tidur seumur hidupnya. Rata-rata perkembangan intelegensinya sama dengan anak normal 2 tahun. Sering kali umurnya tidak panjang, sebab selain intelegensinya rendah, juga badannya kurang tahan terhadap penyakit.

B. Imbecile, IQ 30-40

Kelompok Anak imbecile setingkat lebih tinggi dari pada anak idiot. Ia dapat belajar berbahasa, dapat mengurus dirinya sendiri dengan pengawasan yang teliti. Pada imbecile dapat diberikan latihan-latihan ringan, tetapi dalam kehidupannya selalu bergantung kepada orang lain, tidak dapat mandiri. Kecerdasannya sama dengan anak normal berumur 3 sampai 7 tahun.Anak-anak imbecile tidak dapat dididik di sekolah biasa.

C. Moron atau Debil, IQ / Mentally retarted (50-69)

Kelompok ini samapai tingkat tertentu masih dapat belajar membaca, menulis, dan membuat perhitungan sederhana, dapat diberikan pekerjaan rutin tertentu yang tidak memerlukan perencanaan dan dan pemecahan. Banyak anak-anak debil ini mendapat pendidikan di sekolah-sekolah luar biasa.

D. Kelompok bodoh, IQ dull/ bordeline (70-79)

Kelompok ini berada diatas kelompok terbelakang dan dibawah kelompok normal (sebagai batas). Secara bersusah payah dengan beberapa hambatan, individu tersebut dapat melaksanakan sekolah lanjutan pertama tetapi sukar sekali untuk dapat menyelesaikan kelas-kelas terakhir di SLTP.

E. Normal rendah (below avarage), IQ 80-89

Kelompok ini termasuk kelompok normal,rata-rata atau sedang tapi pada tingkat terbawah, mereka agak lambat dalam belajarnya, mereka dapat menyelesaikan sekolah menengah tingkat pertama tapi agak kesulitan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pada jenjang SLTA.

F. Normal sedang, IQ 90-109

Kelompok ini merupakan kelompok normal atau rata-rata, mereka merupakan kelompok terbesar presentasenya dalam populasi penduduk.

G. Normal tinggi (above average) IQ 110-119

Kelompok ini merupakan kelompok individu yang normal tetapi berada pada tingkat yang tinggi.

H. Cerdas (superior) ,IQ 120-129

Kelompok ini sangat berhasil dalam pekerjaan sekolah/akademik. Mereka seringkali tedapat pada kelas biasa. Pimpinan kelas biasanya berasal dari kelompok ini.

I. Sangat cerdas (very superior/ gifted) IQ 130-139

Anak-anak very superior lebih cakap dalam membaca, mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang bilangan, perbendaharaan kata yang luas, dan cepat memahami pengertian yang abstrak. Pada umumnya, faktor kesehatan, ketangkasan, dan kekuatan lebih menonjol dibandingkan anak normal.

J. Genius IQ 140+


Kelompok ini kemampuannya sangat luar biasa. Mereka pada umumnya mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan sesuatu yang baru meskipun dia tidak sekolah. Kelompok ini berada pada seluruh ras dan bangsa, dalam semua tingkat ekonomi baik laki-laki maupun perempuan. Contoh orang-orang genius ini adalah Edison dan Einstein.
Baca Juga

21 Responses to "10 Tingkat IQ dan Jenis Kecerdasan yang Dimiliki Manusia"

  1. wkwkwk gw masuk very superior, tesnya salah kali ye haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah gua masuk normal tinggi IQ gua 118

      Hapus
  2. gua masuk dull :(

    BalasHapus
  3. Iq hue pas di tes 150 tapi nem gua ko kecil yah. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. # my name is Mike#
      Denis Denis... Brarti lw males... Ga mau mikir klo mikkr sdikit bawaanya capek msles... Test iq g prnh salah kalau sesuai prosedur.. Iq itu ibarat jerigen minyak.. Lw ud d kasih kpasitas 150 Litre hanya saja lw males untuk mengisi jerigen sebanyak 150 Litre tsb dengan ilmu pengetahuan... Jadi saat itu jerigen tsb msih kosong... Maka isilah dan jadikan lah berkah dari tuhan tsb tdk sia2

      Hapus
    2. Aku Ikutan Tes IQ Spasial Bergambar Online Untuk Pertama Kalinya Dengan 30 Soal Kurang dari 30 Menit Dengan Angka 154

      Hapus
  4. IQ ane 116. Wlau sdikit tp cukup brbangga.. Hehehe

    BalasHapus
  5. Gua Ikutan Test IQ Online Dengan Nilai 154 ,, Tapi Gua Orangnya Pemalas Tapi Kalau Soal Tes Psikotes IQ Dll Gua Bisa ,, Gua Pernah Rangking 2 Waktu SMP Walaupun Muridnya Sangat Sedikit Dan Tapi Aneh Kok Waktu Gua Sma Nilai Gua Turun Karena Banyak Absen Dan Ranking Down ,, Dan Yang Disebut Pintar Itu Apa ? Terimakasih

    BalasHapus
  6. aku 116.. masuk rata2 tinggi :)

    BalasHapus
  7. Saya ikutan tes IQ online bergambar dalam 30 menit untuk 30 soal, dan mendapat nilai 154?? apakah itu tingkatan IQ gue??? hhhh

    BalasHapus
  8. Ei gan,kalau bocah 12 tahun punya iq 116 termasuk normal gak

    BalasHapus
  9. 150... Main main apa serius ini

    BalasHapus
  10. Temen anak gw di tk iq nya 190 kalo anak gw iq nya 134 kalo gw sendiri iq waktu tes di sma cuma 94 bini gw iq nya 90 jadi iq anak gak hrs dari keturunan tapi juga seberapa peduli kita investasi pada otak anak kita pada saat bini kita hamil dan pada saat anak kita brojol ke dunia. Soalnya gw sudah ngalamin dgn iq gw yg cuma 94 itu kalo belajar di sekolah dulu kao ujian itu belajarnya sampe susah payah banget rasanya dgn hasil ujian pun kadang lumayan kadang jeblok. Kalo gw lihat temen gw yg super pintar ketika ujian dia cuma belajar sekali hasilnya nilai tertinggi dikelas. Gw bisa ambil k3simpulan lebih baik kita investasi pada otak anak kita pada saat masih di dlm kandungan dan pada saat sudah brojol ke dunia. Biar lah kita 2 yg sudah terlanjur ber iq pas pasan tapi setidak nya kita bisa merancang anak supaya cerdas dgn investasi yg baik pada otaknya.

    BalasHapus
  11. gw 128 anjir superior woy ๐Ÿ˜‚ agak gak percaya

    BalasHapus