Mengatasi Kucing Muntah Tidak Mau Makan

Pasti kita merasa khawatir jika kucing kesayangan yang biasanya lincah kini menjadi lemas, kerjanya tidur melulu, dan yang parah adalah tidak mau makan dan minum. Begitupun cerita dengan kucing saya beberapa hari yang lalu, entah sakit apa namanya yang menyerang kucing ini, hingga tampak lemah dan lesu, tidak mau makan dan minum. Berawal dari beberapa hari yang lalu saya kasih roti selai, karena kucing saya ini minta-minta jadi saya kasih. eh, malamnya langsung muntah2, paginya sudah tidak mau makan dan diam-diam aja. Hingga 3 hari doi gak mau makan sampe badanya kurus kering. Hiks. saya searcing kesana kemari mencari tips dan cara mengatasi kucing muntah dan tidak mau makan. Biasanya makanan kesukaanya adalah ikan dan makanan kucing kalengan kini makanan kesukaan itupun tak sudi dia sentuh. Kasihan sekali.



Berikut pertolongan pertama yang dapat diberikan saat anjing atau kucing muntah:

1. Jangan memberikan makanan padat apapun segera setelah hewan muntah, ini hanya akan membuat hewan muntah kembali. Belilah di apotek sebotol cairan infuse yang bisa diminum, contohnya adalah renalyte, dan berikan ke hewan yang muntah beberapa kali tersebut sebanyak 5 cc yang dipipetkan setiap setengah jam apabila hewan sama sekali tidak mau minum untuk mencegah dehidrasi. Ada baiknya menyimpan cairan seperti ini di kulkas anda sebagai persediaan sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

2. Berikanlah ke anjing atau kucing anda obat untuk mengatasi perih lambung yang dijual bebas dan biasa digunakan di manusia dengan dosis yang diatur sesuai berat badan hewan. Untuk kucing dan anjing berbobot kurang dari 5 kg berikan sebanyak ¼ dosis manusia, untuk anjing berbobot antara 6 kg hingga 15 kg berikanlah ½ dosis manusia, untuk anjing lebih dari 16 kg berikanlah sama dengan dosis manusia.

3. Jangan meletakan hewan di tempat dingin, letakkan di tempat yang hangat dan cukup udara.

4. Apabila setelah dilakukan pertolongan pertama tersebut, anjing atau kucing masih mengalami muntah 1×24 jam maka sebaiknya segera secepatnya dibawa ke dokter hewan.

Pada saat anjing atau kucing mengalami muntah yang terus menerus, hewan akan kehilangan banyak cairan atau dehidrasi, berikut cara mudah yang bisa dilakukan pemilik untuk melihat apakah hewan mengalami dehidrasi atau tidak:

1. Buka kelopak mata bawah hewan, lihat warna lapisan di balik kelopak mata. Warna pada hewan normal adalah merah muda, apabila berwana pucat maka hewan mengalami dehidrasi.

2. Tarik kulit di punggung hewan. Secara normal dalam waktu 1 atau 2 detik kulit yang ditarik akan kembali ke posisi semula alias elastic, namun apabila kulit yang ditarik lama kembali ke posisi semula maka anjing atau kucing mengalami dehidrasi.

Namun anda tidak perlu kuatir jika anda tidak terlalu faham dengan metode pengobatan hewan kucing diatas. Anda tahu, kucing saya juga mengalami hal yang sama yakni muntah tidak mau makan, behkan selama lebih dari 2 hari. Saya pasrah kucing tersebut mungkin akan segera mati. Namun keesokan harinya yakni sudah pada hari keempat, kucing tersebut perlahan sudah mulai mau minum beberapa teguk bubur kacang ijo yang saya berikan. hehe. tapi cuma minum airnya doang,buburnya kagak dimakan. Nah mungkin ini bisa jadi tips untuk kamu yang kucingnya gak mau makan, coba kasih sesuatu makanan yang manis manis dan harum kayak bubur kacang ijo atau apapun. Kalau tu kucing udah mau icip2 tuh artinya bakal segera sembuh

46 Responses to "Mengatasi Kucing Muntah Tidak Mau Makan"

  1. artikel yang sangat menarik.
    Duh saya juga lg mengalami masalah yg sama pada peliharaan kucing kesayangan saya saat ini. Awalnya pagi hari masih mau makan seperti biasa, pas siangnya kucing tiba2 muntah2 tanpa sebab, dan setelah itu ga mau makan dan minum sama sekali. Karna sering muntah2 dan ga mau makan sm sekali akhirnya saya bawa ke dokter hewan. di sana di kasih suntikan dan pulangnya di kasih obat. kendalanya si kucing agak susah membuka mulutnya, saya agak paksa sedikit tangan saya yg kena sasaran cakar mlulu karna si kucing agak mberontak waktu di paksa buka mulutnya. hanya sedikit obat dan cairan yang bisa masuk, tp selang beberapa menit muntah2 lagi dan otomatis semua yang masuk di kluarin lagi. sekarang dah menginjak hari ke dua dan keadannya masih tetap sama. Saya agak sedikit bingung juga musti gimana lagi mengatasinya, ada sedikit rasa pasrah juga, tapi ngeliahat keadaan kucing kesayangan lemas kasihan juga sampai2 istri saya nangis ngliatnya karna sedih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang, kucing saya sekarg juga bgtu, dia gk mau makan minum to udh gk muntah sih, yg aneh dia gk mau drumah, dia maunya keluar, setiap sya ikuti dia selalu ke tmpat air dmanapun itu, tpi dia gk minum, dia cuma liat terus pergi

      Hapus
    2. Sya pnya kucing kampung kaka..dia kucing lincah..tapi udah berapa hari ini mlas makan..cman kuat minum..aja..

      Hapus
  2. beberapa hari yang lalu kitten saya juga mengalami muntah dan diare. Banyak saran yang mengatakan disuruh kasi susu beruang. namun saya ragu jika susu beruang mengandung laktosa makan akan memperparah diarenya.
    sementara saya tidak tahu alamat dokter hewan di seputaran kota saya. akhirnya saat googling, saya semakin takut jika kehilangan kitten saya. kucing sakit tidak ada obat kecuali imun kucing sendiri. dan imun didapat hanya dari makanan nutrisi yang kucing makan. jalan satu-satunya kucing harus makan. saya pun ke pet shop dan beli Royal canin recovery yang cair itu ( maaf tdk bermaksud promo ), Vitamin Virbac tapi yang eceran saja ( setube 12500 disini ) dan spet suntik yang 1 cc ( buang jarumnya ). sehari virbac dosis nya 1 sendok teh, saya bagi 3x makannya. kalau kucing susah makan virbac, saya campur dengan royal canin recovery plus air dikit. saya terus telateni rawat kitten kasi makan tiap 1 jam sekali 2 spet. dan jangan lupa kasi waktu beberapa jam, kucing untuk beristirahat dengan tidur dan jauhkan dari hawa dingin, kucing suka tidur di lantai saat sakit. biasanya muntahnya berangsur angsur hilang dan saat dia sudah mulai tidak rewel saat dispet, tambah porsi nya menjadi 3 spet tiap jam. di hari kedua cobalah sodorkan makanan kesukaan dia, kalau kitten ku suka ikan lele. Jika dia sudah memberi tanda doyan makan, spet boleh tetap diteruskan atau dihentikan. Dan tetap hindari memberi dry food dulu sampai kucing benar-benar sembuh. Nah itu pengalamanku,,, terima kasih telah membuat blog tempat berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu set itu artinya apa ya mbak?

      Hapus
    2. Hari ini saya baru tahu... Dan pada akhirnya kitten meninggal setelah muntah muntah... Setelah membaca blog ini... Saya usaha kan tidak akan terjadi lg... Sedih juga kehilangan kitten hari ini. Thanks infonya

      Hapus
    3. Ada line atau ig nya g kak? Kucing saya juga bgitu tapi saya masih belum paham🙏

      Hapus
  3. Saya punya kucing masih kecil usia sekitar 2 bulan lebih. Semalam tiba2 muntah makanannya. Saya biasa kasih whiskas yg junior sama susu dancow. Sampai siang ini masih muntah2. Muntahannya padat seperti makanannya. Bagaimana ini ? Mohon saran dari rekan2 pecinta kucing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau sya jgan ksi susu dancow, karna nda ccok sma kucing
      Mmg biasanya menyebabkan mencret/muntah2
      Sebaiknya dihentikan pemberian susu dancow
      Whiskas junior sja diksi jika itu mmg mkanan kesukaan si kucing

      Sepengalaman sya, kucing muntah itu jgan langsung diksi mkan
      Klo kucingnya bisa minum air putih sendri itu bgus tpi jika tidak sbaiknya diberikan oleh pemiliknya, hati2 ya jgan smpe airnya msuk di hidung.
      Kasih jeda bbrpa jm sbelum diksi mkanannya. Klo sya misal kucingnya muntah pagi hari, sore hari baru sya ksih wetfood *biasanya whiskas

      Hapus
    2. Iya susu yg cocok sama kucing itu bear brand(tidakpromosi)

      Hapus
    3. Bear brand jg sebaiknya jgn, kucing tidak cocok dgn susu sapi. Ada susu khusus kucing sendiri di petshop, atau susu kambing. Intinya jgn susu sapi, krn tidak bisa dicerna oleh kucing, hasilnya diare.

      Hapus
    4. Waduh.. Kitten sy muntah terus ni stlh minum bear brand.. Lemas ga doyan makan... Ada yg punya solusi?

      Hapus
  4. Obat untuk mengatasi perih lambung nya merk apa ya ? Kalo blh tau

    BalasHapus
  5. Kucing saya juga muntah muntah dan tidak mau makan dari kemarin malam, penyebab saya rasa karna Telinganya sakit seperti ada kutu kecil ,badannya juga panas dan hanya tidur terus, saya merasa sedih melihat kucingku seperti itu rasanya juga tidak mau makan melihat dia menderita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kucing saya juga lg mengalami hal itu, apakah kucing anda sudah sembuh?

      Hapus
  6. Minta saran dong kucing ku sd 4 hr ini ga mau mkn.dan munta munta tp ga kluar apapun dr mulut nya.kucing ku hanya minum aja .body nyajd kurus

    BalasHapus
  7. kucing aku jadi gamau makan, setelah dikasih ikan mentah jadi muntah2, tapi disini gada dokter hewan:(
    udah lebih 3 hari gamau makan, jadi gimana?

    BalasHapus
  8. kucing saya skrg mencret dan tiap d kasih makan muntah, lalu saya kasih rebusan tempe karna bnyak yg nyaranin gt, skrg mencretnya udh engga tapi dia lemas karna tiap d kasih makan muntah lagi. gimana dong kasian kucing saya

    BalasHapus
  9. Kucing saya mati namanya rabi 😭😭😭😭

    BalasHapus
  10. Kucing saya sdh dua hari ini muntah dan tdk mau makan sama sekali.. Badannya jd kurus, saya bingung harus bagaimana. Muntah nya cair berwarna kuning dan baunya busuk. .

    BalasHapus
  11. Boleh minta saran Senior, kucing saya sudah 2 Minggu gamau makan badan kurus kering, muntah² buang air besar berkali² solusi nya gimana.. karna di kota saya tidak ada dokter hewan.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendala kucing gitu om,jgn sampai kena virus distenfer akibatnya klo ga mati jalanya sempoyongan

      Hapus
  12. ini kittenq jg masih g mau makan maunya cmn mnum air putih itupun kalo diambilin g mau 2hri yg lalu udh tak bw ke dokter udh di suntik jg mlh 2saudranya mninggal sblm smpt aq bw ke dokter minggalnya pagi tau tau udh mninggal ya Allah sdh bngt awal mula nya siang siang mereka muntah dkit cmn wrnanya kuning aq pkir ya mntah biasa krna lari lari apa mkn tnman yg drmh tau tau pagi yg plg kcil udh mninggal trus yg kakaknya sma saudranya sama ibuknya jg tak belikan klpa hijau tak mnumkan pke sepet smuax mnum tp ttp mninggal yg kittenya klo ibuknya jg mntah tp msh agk nrmal jlnnya responya jg msh normal cmn skr g mau mkn jg kittenya msh ad 1 skr msh bs jln tp lmes bngt bdanya 3 hr g mau mkn ap ap cmn mnum air putih sm antibiotiknya yg dr dkter hwn tak mnumkan mau ngsih mkn sm mnumkan yg anti muntahnya dickar ckr berontak habis tnganku tp sbnre gp2 asal mreka slmat. katanya dr. nya klo mkanya g boleh dipksa klo emg blm mau obatnya aj dkshkn sm klo tdr dsruh naruh lampu ddketnya biar anget sama dks underpad ato alas bwahnya..yg pst emg ibuknya ini jg ktularan ktanya dr. virus yg lg musim cmn emg klo ke kittenya lbh rentan dya thn tubuhnya lbh lmah doakan kittenq smuanya selamat ya tmn tmn pkoknya jgn prnh brhnti brusha apapun hsilnya krna mreka jg ksyangan kita

    BalasHapus
  13. kucing ku gx mau makan dan muntah harus bagaimana baru minggu lalu saya kehilangan kucing skrg pada sakit gink

    BalasHapus
  14. Kucing saya...kemaren sore masih mau makan dan minum.tp pagi tadi sampe seharian gak mau makan sama sekali
    .minum pun gak mau...malah kemudian muntah...tidur seharian yg biasanya lincah...saya bingung kasian kucing saya lemas...kasih minum pakai pipet pun gak mau...😢🙏

    BalasHapus
  15. Kucing saya udah dua hari gak mau makan dan lemes padahal biasanya dia lincah banget,kucing saya muntah-muntah terus muntah cairan putih berbusa dan tadi pagi juga muntahin cacing putih panjang,tolong dong gimana cara penanganannya agar kucing saya bisa kembali sehat🙏
    Saya sangat takut kehilangannya tolong balas comment saya🥺🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman kak, kalau sampai muntahin cacing berati dia cacingan parah. Dulu kucing saya cuma keluar dari pupnya. Kalau untuk kitten di bawah 2 bulan, bisa dikasi combantrin 0.2 ml kak. Kalau berat badanya udah di atas 1kg bisa dikasi drontal setengah tablet. Semoga segera sehat kak kucingnya.

      Hapus
    2. Kasih dogan kak air kelapa muda kak

      Hapus
    3. Kucing ku juga muntah-muntah gk mau makan selama 4hari trus cmn mau mnum air,muntah cacing juga sekali,tpi sekarang muntahnya sprti lendir putih bening dan kuning,pucet banget,ad yg bisa bantuin gk solusinya gimana😥,soalnya klo gk ad mereka aku gk punya temen

      Hapus
  16. Kucingku gak mau mkan dn muntah kira2 kenapa ya

    BalasHapus
  17. Halo kak, aku ada 1 stray cat yg selalu ku kasih makan dan dia tidur di teras rumah. Gk ku pelihara banget krn ortu gk ijinin. Dia udh kurleb 3hr an gitu gk mau makan+minum. Mojok terus, lemes. Trus tadi uah 3x muntah kuning (siang, sore sama malam ini) tp muntahnya gk berbusa. Mau ke klinik hewan tp jauhhh bgt :(
    Skrg telinganya dingin, jd kuletak dia di atas alas tebal biar hangat. Apa dia bakal mati begitu kak? Gmn biar dia mau minum aja gtu dlu ya kak? Aku dah tawarin susu, we food, dry food, snack2 nya, dia suka ayam dan sarden tp tetep gk begeming buat makan atau mgendus makanannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg kabar kucingnya gmna kak :( seniga Sehat2 aja yaaaa

      Hapus
  18. Asalamualaikum teman2.. tolong gimana saran nya.. kucingku dr kmrn ga apa2, to td sore dan malem dia muntah.. hanya cairan aja berwarna kuning.. trus dksh makan dan minum ga mau,, jd hanya diam saja lemas.. tolong cara alami apa ya supaya mau makan lg.. terima kasih.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum saya mau nanya ini kucing saya mulai dia hamil udh muntah2 gitu tapi pas lagi hamil itu mau aja makan tapi pas sudah lahiran kucing saya ga mau makan cuma bolak-balik minum sudah seminggu ga makan cuma minum aja dan minum cuma sedikit aja gitu saya takut kenapa-napa sedih jadinya kalo seperti itu trus mohon sarannya gmn biar mau makan gitu pernah 5 hari dia ga makan tapi di makan tikus cuma sedikit aja gitu.tapi anehnya dia dari hamil sampe melahirkan muntah2 tapi muntahnya kadang ga keluar cuma mual aja gitu tolong sarannya ya🙂

    BalasHapus
  20. saya juga punya kucing umurnya masih 3 bln,entah makan apa dia muntah terus nggak mau makan sama sekali,tiap aku spet susu untuk kucing selalu muntah,karena bingung ku kasih obat asam lambung lansiprasol dan anti biotik amoxsan dosis 3/4 kapsul dengan cara aku beri air dan aku spet,alhamdulillah jam 6 aku minummi obat jam setengah
    sembilan sudah mau makan sarden whiskas walau cuma sedikit.saya jadi yakin sinyoku akan sembuh.

    BalasHapus
  21. Maaf mau tanya ya gimana baiknya ya kucing saya nggak mau makan tapi muntahnya sedikit itu juga nggak sering apa solusinya untuk mengobatinya.terima kasih

    BalasHapus
  22. Halo kak, sy mau nanya, kucing sy muntah dan g mau mkn, trs tadi pagi saya beliin whiskas, dn malamnya dimuntahin, badannya udah kurus, apakah hanya perlu dikasih air minum??

    BalasHapus
  23. Kucingku juga sama nggak mau makan nggak mau minum jadi bingung saya.udah dua hari tetep aja muntah .umurny kira2 7sampai 8 .udah di kasih
    Obat .sama madu, sama air dan diet.bingung banget ngatasinya akhirnya lama kelamaan lemes.nggak ada tenaga sempoyongan jalan.akhirnya saya pasrah. di hari itu juga kucingku menghembuskan nafas terakhir.saya sedih banget ,sampai mengeluarkan air mata.selamat jalan ya si manis .kucing ku tersayamg.

    BalasHapus
  24. kucing ku sdh 2 hr ni dk mau mkn di kasih obat mlh muntah badan nya tambah lemas aja bawaan nya tidur mulu aku berusaha kasih yg terbaik buat pusi ku td mlm kucing ku mati kucing paling lucu dan aktif kini tdk ada lg di pangkuan ku slmt jalan syng kenangan bersama mu tdk akan pernah hilang

    BalasHapus
  25. Kucing ku umur 4 bln, kesehariannya aktif, makanan seperti biasa, setelah muntah d pagi hari dia jadi lemas dan tidur terus, 24 jam kemudian baru mau minum, sdh 4 hr gak mau makan cuma minum air putih, jalannya sempoyongan. Disuapin nolak keras nyakar-nyakar. Hanya bs pasrah semoga bs survive dan mau makan kembali. #sedih

    BalasHapus
  26. Pertanyaan segini banyak kok gk ada yg kasih solusi ya

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *