Ninja Kecil Hattori

Ninja Hattori-kun (jap.: 忍者ハットリくん), yang dikenal di beberapa negara sebagai Hattori the Ninja, adalah seri manga Jepang karya Fujiko A. Fujio, yang diterbitkan antara tahun 1964 dan 1968. Ini telah diadaptasi beberapa kali sebagai serial anime serta dorama, film live-action dan video game.

Cerita

Kenichi Mitsuba (三葉 ケン一) yang berusia 11 tahun adalah anak biasa yang bersekolah di sekolah menengah atas dan tidak pandai belajar. Dia sangat keras kepala dan malas, sehingga dia selalu membuat orang tua dan gurunya frustrasi. Dia suka mencari jalan keluar yang mudah, yang membuat Hattori kesal. Ninja kecil Hattori Kanzō (服部 貫蔵) datang ke kota dari Pegunungan Iga untuk bersekolah dan berteman dengan Kenichi. Tak lama kemudian, ia menjadi bagian dari keluarga Mitsuba, bersama dengan saudaranya Shinzō (服部 心蔵) dan anjing ninja mereka, Shishimaru. Hattori membantu Kenichi dengan masalahnya dan terus mengawasinya sebagai teman baik.

Lawan utama dari kedua sahabat ini adalah Kemumaki, seorang ninja Koga dan kucing ninja Kagechiyo (ケムマキ・ケムゾウ). Kemumaki selalu mengganggu Kenichi dan yang terakhir meminta Hattori untuk membalas dendam sebagai alur cerita yang berulang di banyak episode. Keduanya juga memperebutkan cinta gadis Yumeko (河合 夢子). Meskipun Hattori adalah teman baik, Kenichi terkadang bertengkar dengan Hattori karena kesalahpahaman yang disebabkan oleh Kemumaki. Kadang-kadang Jippō, Togejirō dan Tsubame membantunya.

Ada lima lokasi utama dalam serial ini: Tokyo, kuil Shinto, Provinsi Iga, Pegunungan Iga dan Lembah Kōga.

Publikasi

Manga ini diterbitkan dari tahun 1964 hingga 1968 di majalah Shonen oleh Shogakukan. Shogakukan juga menerbitkan bab-babnya bersama-sama dalam 16 volume. Pada tahun 1980-an, bab-bab tambahan diterbitkan secara sporadis di majalah lain oleh penerbit yang sama.

Adaptasi film

Adaptasi pertama dari manga adalah dorama. Ini disiarkan oleh TV Asahi dari tahun 1966 hingga 1968.

Diikuti oleh serial anime yang diproduksi oleh Shin-Ei Animation. Film ini disutradarai oleh Hiroshi Sasagawa dan skripnya ditulis oleh Masaaki Sakurai. Pengarahan seni dilakukan oleh Takashi Miyano dan musiknya disusun oleh Shunsuke Kikuchi. Lagu Ninja Hattori-kun oleh Ayako Hori & Columbia Yurikago-kai digunakan untuk kredit pembukaan. 694 episode, masing-masing berdurasi 10 menit, disiarkan oleh TV Asahi mulai 28 September 1981. Episode terakhir ditayangkan pada 25 Desember 1987. Versi sulih suara bahasa Spanyol ditayangkan di Spanyol dan Amerika Latin, dan versi Italia ditayangkan beberapa kali oleh berbagai stasiun TV Italia. Versi bahasa Arab juga diproduksi dan disiarkan di beberapa negara.

Pada bulan Januari 2012, Nikkei mengumumkan di situs webnya, bahwa pembuatan ulang serial anime sedang diproduksi oleh perusahaan produksi India, Reliance MediaWorks dan Shin-Ei Animation. Pengumuman ini merupakan bagian dari rencana untuk memproduksi beberapa remake serial televisi anime populer untuk ditayangkan di saluran TV di pasar Asia untuk melawan pasar anime domestik Jepang yang stagnan karena tingkat kelahirannya yang menurun. Film ini disutradarai oleh Tetsuo Yasumi, yang juga menulis skripnya, dan Takeshi Kino. Desain karakter oleh Sadayoshi Tominaga dan pengarahan seni oleh Masaru Amamizu, Nobuaki Mihara dan Sachiko Kigasawa. Musiknya dikomposisikan oleh Shunsuke Kikuchi. Serial baru ini telah disiarkan oleh Nick India sejak Mei 2012. Film ini ditayangkan perdana di Jepang pada tanggal 13 Mei 2013 dan juga disiarkan di Indonesia dan Tiongkok serta di Netflix dalam bahasa Inggris dan Disney Channel dalam bahasa Spanyol. Sejauh ini, serial ini memiliki 104 episode.

Pemeran/karakter

Kanzo Hattori (ハットリ カンゾウ atau 服部 貫蔵 Hattori Kanzou), 

adalah tokoh utama dari serial ini, seorang ninja kecil. Ia berasal dari perguruan Ninjaiga. Hattori berumur 11 tahun dengan berat 40 kg dan tinggi 140 cm. Dia yang biasanya melawan Kimimaki ketika mencoba melakukan tipuan dan mengisengi Keinichi. Kelemahan utama Hattori adalah takut dengan katak dan kadal; yang sering membawanya ke dalam kesulitan. Hattori memakai jubah ninja berwarna biru. Dia selalu menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh seorang ninja yang baik dan senang mencampuri urusan teman-temannya. Ketika melakukan pekerjaannya, Hattori punya kebiasaan aneh mengatakan nyo-nyo/nin-nin.

Shinzo Hattori (ハットリ シンゾウ atau 服部 心蔵 Hattori Shinzou), adalah saudara kecil dari Hattori. Dia menggunakan senjata yang terbuat dari kayu. Shinzo adalah seorang ninja yang sedang dalam masa pelatihan untuk menjadi seorang ninja yang lebih baik seperti Kanzo Hattori. Dia memakai jubah ninja berwarna merah. Shinzo tampaknya memiliki hati yang baik dan sangat setia kepada saudaranya, dan akan senang ketika orang lain gembira. Namun kelemahannya, ia ketika menangis sering bersuara besar. Tangisan ini sering dimanfaatkan sebagai senjatanya.

Shishimaru (獅子丸) adalah anjing ninja yang hidup dengan Kenichi. Ia datang bersama Hattori dan Shinzo. Dia adalah anjing berkepala cahaya yang bersama dengan Shinzo, sering melakukan hal-hal lucu. Shinzo adalah tukang makan. Bulunya berwarna kuning. Shinzo mempunyai kelebihan dapat menggulung dirinya saat berusaha diserang, dan dapat mengubah dirinya menjadi hewan yang diinginkan.

Kenichi Mitsuba (三葉 ケン一 Mitsuba Kenichi) (dalam dubbing 1997 disebut Kenchi) adalah seorang anak biasa yang pergi ke sekolah dasar untuk berjuang dengan pelajarannya. Dia mengencani Yumeko, tetapi Kimimaki tidak menyukai hal itu. Keinichi tidak pintar dan sering terlambat ke sekolah. Dalam penampilan umumnya, Keinichi sering berpakaian pakaian warna biru muda dan topi putih.

Tsubame (ツバメ)/Subame (disebut Sonam dalam versi India), adalah seorang kunoichi dan teman sekelas Hatori. Dia mencintai Hattori dan selalu menginginkan agar menikah dengannya. Dia tidak menyukai Kimimaki dan Kagechio. Dia memakai jubah ninja berwarna merah muda. Tsubame tampaknya memiliki suling, klarinet, suling bambu, piccolo dan bassoon. Jika ia mendengar Hatori mendekati wanita lain, Subame akan melakukan beragam cara unuk mencegahnya.

Kemuzou Kimimaki (ケムマキ・ケムゾウ Kimimaki Kemuzou) adalah musuh dari Hattori. Ia sering mengusili Keinichi dan tidak menyukai Hatori. Ia berasal dari perguruan ninja Koga. Bersama dengan kucingnya, Kagechiyo Kemuzou, selalu menyebabkan masalah. Dia bersaing dengan Kenichi untuk mendapatkan Yumeko, tetapi ketika dia menggunakan salah satu teknik ninja agar selalu menang, Hatori mencegahnya untuk menyelamatkan dari masalah. Dia memakai jubah ninja berwarna hijau. Dalam penampilan umumnya, ia sering terlihat memakain pakaian berwarna hitam.

Kagechio (影千代) adalah kucing ninja dari Ninjakoga. Kagechio adalah kucing yang setia membantu Kimimaki. Kinimaki selalu memberikan tugas besar untuk Kagechio, tetapi Kagechio selalu membuat rencana tersebut gagal. Kagechio bermusuhan dengan Shishimaru dan memilliki warna bulu hitam.

Yumeko Kawai (河合 夢子 Kawai Yumeko), adalah gadis yang biasanya menyebabkan perselisihan antara Kimimaki dan Kenichi. Yumeko sekelas dengan keduanya dan dia juga yang menyebabkan sebagian besar masalah yang ada. Wanita yang umumnya muncul dengan baju merah muda ini, tampaknya tertarik dengan Hattori beberapa kali. Yumeko memandang Hattori sebagai saudaranya dan Shinzo sebagai adiknya. Dia juga tampaknya menyukai Kenichi. Dan kadang-kadang orang-orang mengira hubungannya dengan Hattori sebagai suatu yang romantis. Meskipun begitu, dalam beberapa episode mereka terlihat menunjukkan romantisme.

Pemeran Tambahan:

  • Aiko-sensei: guru musik Kenichi. Koike-sensei naksir dengannya.
  • Hattori Jinzou, ayah Hatori dan Shinzo.
  • Jippou: ninja penyu raksasa.
  • Koike-sensei: guru Kenichi. Ia juga terlihat di Obake no Q-taro dan Doraemon.
  • Kentarou Mitsuba: Ayah dari Kenichi. Dia biasanya merokok dan pulang dari kantor larut malam. Dia sangat menyenangi permainan golf.
  • Ibu Kenichi: Dia menyukai Tsubame dan berpikir bahwa Kimimaki adalah anak yang baik. Dia selalu memarahi Kenichi karena kemalasannya.
  • Profesor Shinobino: Seorang profesor yang tinggal di Amerika dan menemukan Togejirou.
  • Robomaru
  • Shinobino O-hime
  • Togejirou (disebut Cacto-chan dalam versi India): Sebuah kaktus yang memiliki kekuatan supranatural yang dikirim oleh Profesor Shinobino dari Amerika. Dia bersaing dengan Shishimaru.

Posting Komentar