Daftar Negara yang Memiliki Kapal Induk di Dunia 2022

USS Gerald R. Ford (CVN-78) kapal induk terbesar di dunia

Kapal induk adalah salah satu peralatan tempur yg paling ditakuti didunia. Selain itu, kapal induk juga sering dianggap sebagai lambang kekuatan tempur suatu negara. Sebab hingga saat ini tidak banyak negara yang punya kapal induk. baik itu tidak mampu membeli akibat harga kapal induk yang terlampau mahal mencapai ratusan triliun rupiah, ataupun tidak mampu membuat sendiri kapal induk karena teknologi suatu negara tersebut belum mencapai kemampuan untuk membuat sebuah kapal induk. tercatat hingga sekarang hanya 9 negara yang memiliki kapal induk yaitu: Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Inggris, Cina, India, Italia, Spanyol, dan Thailand. Selain itu ada pula negara yang pernah memiliki kapal induk namun memutuskan untuk mempensiunkan kapal induk mereka karena alasan tertentu.

Berikut ini daftar negara yang memiliki kapal induk, serta data kapal induk yang pernah beroperasi, sedang diperbaiki, kapal induk yg tidak aktif dan jumlah kapal induk di tiap negara

Negara Beroperasi Nonaktif Dalam perbaikan Tidak selesai Total
TOTAL (seluruh dunia) 22 145 10 48 226
Amerika Serikat Amerika Serikat 11 55 2 12 80
Cina Cina 2 0 2 0 4
Italia Italia 2 0 1 2 5
Britania Raya Britania Raya 2 41 0 13 56
Perancis Perancis 1 7 1 7 16
India India 1 2 2 0 5
Rusia Rusia 1 4 0 2 7
Spanyol Spanyol 1 2 0 1 4
Thailand Thailand 1 0 0 0 1
Argentina Argentina 0 2 0 0 2
Australia Australia 0 3 0 0 3
Brazil Brazil 0 2 0 0 2
Kanada Kanada 0 3 0 0 3
Jerman Jerman 0 0 0 7 7
Jepang Jepang 0 20 2 4 26
Belanda Belanda 0 4 0 0 4

Tampak dari tabel data di atas, total kapal induk yang masih beroperasi di seluruh dunia hingga saat ini hanya 22 unit kapal induk. Amerika serikat sebagai negara super power memiliki jumlah kapal induk terbanyak 11 unit diikuti cina yang hanya memiliki 2 unit dan negara-negara lainya.

Terlihat pula negara "mesin" yaitu jepang pernah memiliki 20 kapal induk namun kini semuanya sudah tidak beroperasi, hanya 2 kapal induk jepang yg masih dalam perbaikan dan belum beroperasi. 

Kenapa kapal induk ditakuti


Karena kapal induk bisa berperan sebagai armada tempur suatu negara yang bisa berpindah pindah. Ibaratnya kapal induk adalah pangkalan udara mengapung. Misalnya jika negara amerika ingin menyerang indonesia menggunakan kekuatan udara tanpa kapal induk, maka tiap pesawat tempur amerika harus terbang dari pangkalan darat amerika menuju indonesia yang mana harus menempuh ribuan kilometer dengan kemungkinan kehabisan bahan bakar dan operasi gagal ataupun terkena larangan terbang di teritori udara tiap-tiap negara di dunia.

dengan kapal induk, pangkalan udara bisa berpindah ke laut lepas tanpa teritori dan mengambil posisi terdekat dengan indonesia yang kemudian secara bebas melepaslandaskan pesawat tempur lalu menggempur wilayah sasaran. Itulah kelebihan dan kegunaan kapal induk. Selain itu, kapal induk dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih seperti anti rudal, anti pesawat tempur dll. 

Bagian-bagian kapal induk


  • Sebuah dek penerbangan, permukaan yang datar di atas kapal di mana pesawat dapat lepas landas dan mendarat
  • Sebuah dek hangar, sebuah area di bawah dek untuk hangar pesawat saat tidak digunakan
  • Sebuah pulau, sebuah bangunan di atas dek penerbangan di mana petugas bisa langsung mengoperasikan kapal dan mengawasi penerbangan
  • Kamar untuk para crew untuk tinggal dan bekerja
  • Sebuah pembangkit listrik dan sistem penggerak untuk memindahkan pesawat/perahu dari titik ke titik dan untuk menghasilkan listrik bagi seluruh kapal
  • Berbagai sistem lain untuk menyediakan makanan, air, dan untuk menangani hal-hal yang mana disetiap negara sudah ada persetujuan, seperti limbah, sampah dan surat, serta radio carrier-based dan stasiun televisi dan surat kabar
  • Lambung, tubuh utama kapal induk, yang mengapung dalam air

Lambung kapal terbuat dari pelat baja yang sangat kuat dan berukuran sangat tebal, bertujuan untuk memberi perlindungan yang efektif terhadap risiko kebakaran dan kerusakan pertempuran, serta memberi perlindungan ekstra dari serangan torpedo, apabila torpedo musuh mengenai bagian bawah kapal dan menghancurkan lapisan baja paling luar maka lapisan kedua akan mencegah kebocoran.

Untuk membuat proses pembangunan lebih efisien, sebagian besar setiap Supercarrier dirakit dalam modul potongan terpisah yang disebut superlifts. Setiap superlift mungkin berisi banyak compartements (kamar), mencakup beberapa deck, dan mereka bisa menimbang berat mulai dari 80-900 ton (~ 7-800 metric ton). Supercarrier terdiri dari hampir 200 superlifts.

Sebelum meletakkan modul superlift ke kapal, para crew merakit konstruksi baja badan kapal dan mengaitkan semua pengkabelan dan pemipaan. Kemudian mereka menggunakan derek raksasa untuk mengangkat modul dan menurunkan tepat ke posisi di dalam kapal, kemudian mereka menyambung/las ke modul sekitarnya. Tahap akhir konstruksi, semua crew bergabung ke modul terakhir (bagian 575-ton) ke deck penerbangan.

Pesawat harus mendapatkan udara yang lebih banyak yang bergerak di atas sayap untuk menghasilkan daya angkat dan pesawat mendapat bantuan lepas landas utama berasal dari empat carrier katapel, sehingga pesawat sampai dengan kecepatan tinggi dalam jarak yang sangat pendek. Kesalahan fatal sedikit saja bisa membawa pilot beserta pesawat jatuh ke dalam laut.

Mendarat di dek penerbangan kapal induk adalah salah satu hal yang paling sulit bagi Pilot yang pernah dilakukannya. Dek penerbangan hanya memiliki panjang sekitar 500 feet (~150 meter) ruang landasan pacu untuk pendaratan pesawat, dan bukan untuk jet berat tetapi hanya untuk jet dengan kecepatan tinggi yang ada di kapal induk.

Untuk mendarat di dek penerbangan di kapal induk, setiap pesawat membutuhkan tailhook yang melekat pada ekor pesawat, tujuannya agar pilot dapat mangaitkan tailhook ke salah satu dari empat kabel penangkap, kabel penangkap terbuat dari high-tensile steel wire.

Aircraft Carrier's Island adalah Pusat Komando untuk Operasi Dek Penerbangan. Tinggi island ini sekitar 150 kaki (46m), dan lebar sekitar 20 kaki (6m) sehingga tidak mengambil ruang terlalu banyak pada dek penerbangan. Bagian atas dilengkapi dengan sebuah array radar dan antena komunikasi yang mengawasi sekitar kapal dan pesawat terbang.

Hangar dapat menyimpan kurang lebih 60 pesawat.

Fakta kapal induk

Kapal induk terdiri dari 3 jenis jika dilihat dari jenis penggeraknya, yaitu berpenggerak nuklir, Diesel dan turbine.

  • Kapal induk sedikitnya menampung 6,000 kru dan 70 hingga 80 pesawat.
  • Kapal induk dirakit paling tidak terdiri dari 1 miliar komponen yang terintegerasi menjadi sebuah konstruksi kapal.
  • Kapal induk memiliki panjang berkisar 1000 kaki (300-an meter)
  • Kapal induk tidak pernah berlayar di laut lepas seorang diri, kapal induk memiliki sebuah grup armada yang terdiri dari kapal perusak, kapal penjelajah, kapal korvet, kapal suplai makanan, air dan bahan bakar, serta sebuah submarine (kapal selam).
  • Mendarat dengan pesawat di kapal induk merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para penerbang, karena menggunakan Hook (pengait) dan pada saat turun ke geladak pesawat tidak mengurangi kecepatan, justru mempercepat pesawat untuk menghindari landing failure sehingga pesawat bisa terbang lagi bila hal tersebut terjadi.
  • Pada kapal induk amerika, pekerja di atas kapal menggunakan rompi berwarna khusus untuk mengetahui tugas mereka. contohnya petugas berompi merah bertugas memasang bom dan rudal ke tubuh pesawat terbang, rompi kuning sebagai pemandu dan pengarah pesawat, rompi putih sebagai kru pemberi tanda pendaratan, rompi cokelat sebagai air wing plane captain, rompi ungu sebagai petugas pengisi bahan baker, rompi hijau bertanggung jawab pada instalasi katapel untuk pendorong pesawat serta fotografi dan urusan kargo, serta rompi biru yang bertugas mengurus pesawat serta operator elevator pesawat, sopir traktor dan juga penghubung.
  • Sebuah kapal induk bertenaga nuklir dapat berlayar tanpa pengisian bahan bakar selama 20 tahun.
  • 'island' adalah sebutan bagi tower komando yang terletak di atas geladak, tingginya berkisar 46 meter dan lebar 6 meter. Pada bagian inilah pusat komando dilaksanakan.
  • Ada dua jenis konfigurasi geladak pendarat yaitu versi Flat deck dan deck sky Jump ( digunakan untuk pesawat Short take off and landing/ STOL dan Vertical take off landing/ VTOL biasanya dihuni oleh armada pesawat Harrier atau Yakovlev (russia/soviet).
  • Untuk terbang, pesawat di dorong oleh sebuah 'catapult' bertekanan tinggi yang akan menyeret dan melempar pesawat terbang untuk memperpendek jarak lepas landas.
  • Selain menggunakan 'hook' untuk mendarat, pilot di pandu oleh sebuah lampu yang berada di deck kapal untuk memposisikan pesawat yang akan mendarat pada sudut dan posisi yang aman. Lampu pemandu tersebut disebut “meatball” (meatball letaknya disebelah kiri runaway deck)
  • Hangar pesawat yang terletak di bawah deck dibuat tahan ledakan dan tahan api dan terdapat lift yang tugasnya mengangkat pesawat ke atas deck peluncur.
  • Kapal induk dilengkapi dengan berbagai missile untuk pertahanan diri (defence) antara lain seperti Phalanx dan seasparrow (dua missile yang ada di kapal induk amerika)
  • Kapal induk bisa memiliki bobot berkisar 15.000 – 90.000 ton.
  • Selain bertampang sangar, di dalam kapal induk juga memiliki fasilitas lain seperti bar, bioskop, ruang medis, fasilitas olahraga dll.
  • Jet blast deflectors, berfungsi sebagai penahan ledakan agar tidak mengenai pesawat yang ada di belakangnya, saat persiapan peluncuran pesawat, pesawat dalam keadaan terkait dengan catapult dan jet blast deflector dalam posisi terangkat dan posisinya tepat di belakang ekor pesawat. biasanya terdapat empat Jet Blast deflector dalam sebuah kapal induk.

Spesifikasi Kapal induk tiap negara

Trending

0 Response to "Daftar Negara yang Memiliki Kapal Induk di Dunia 2022"

Posting Komentar