Profil Khabib Nurmagomedov Petarung UFC: Agama, Tinggi Badan, Peringkat, Kelas

Khabib Nurmagomedov adalah seorang petarung mix martial art (MMA) yang berasal dari negara rusia. Khabib Nurmagomedov saat ini menempati posisi juara di kelas ringan UFC satu peringkat di atas petarung kawakan Conor McGregor. Pada 7 oktober 2018, Conor McGregor vs Khabib Nurmagomedov bertarung dalam memperebutkan gelar juara kelas ringan UFC. Khabib berhasil memenangkan pertarungan pada ronde keempat dan memperpanjang gelar tak terkalahkan dan masih menjadi juara UFC di kelas ringan.




Fighter Info

  • Nama: Khabib Nurmagomedov
  • Julukan: The Eagle
  • Asal: Dagestan Russia
  • Record bertanding: 27-0-0 (27 menang belum pernah kalah dan seri)
  • Disisplin beladiri: Gulat
  • Bertarung dari: Dagestan Russia
  • Umur: 30 tahun
  • Tinggi: 5' 10" ( 177 cm )
  • Berat: 155 lb ( 70 kg )
  • Jangkauan: 70"
  • Panjang lengan: 40"


Khabib Nurmagomedov lahir pada 20 September 1988 di sebuah keluarga etnis Avar di desa Sildi negara bagian degestan rusia . Sebuah daerah pegunungan yang penduduknya memang terkenal sebagai atlet gulat secara turun temurun, termasuk keluarga khabib . Ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov adalah seorang master gulat gaya bebas, saudara ayahnya adalah juara dunia dalam sambo pada tahun 1992, dan pamannya adalah pegulat yang cukup disegani di daerah sana.

Maka tidak heran kemudian Khabib dan adik laki-lakinya Abubakar mengikuti jejak para saudara dan masyarakat daerah tempat kelahiranya dimana disini gulat adalah olahraga yang sangat populer. Pelatih pertama mereka tentu saja ayah mereka, yang sejak kecil sudah memberikan pelatihan cara berkelahi pada mereka. Sejak usia tiga tahun, Khabib mulai menguasai elemen gulat dasar, dan pada usia lima tahun dia sudah masuk ke ring.

Ketika Khabib berumur sepuluh tahun, keluarganya pindah ke Makhachkala. Di sana, ayahnya mendirikan training center MMA dan merekrut kelompok atlet muda berbakat, termasuk Khabib. Sampai usia lima belas tahun, dia tidak jauh berbeda dari anak-anak lain: dia pergi ke sekolah, pulang sekolah latihan, dan juga sering berkelahhi dengan orang-orang di jalan. Pada titik tertentu, Khabib ingin melamar menjadi security untuk mendapatkan uang, tetapi seluruh keluarga tidak setuju.

Olahraga, kata ayahnya, juga merupakan pekerjaan, dan itu sulit, dan seorang atlet profesional seharusnya tidak berpikir bagaimana mencari nafkah, kalau tidak, dia tidak akan pernah mencapai puncak.

Setelah itu kemudian Khabib mulai lebih giat berlatih dan mulai menunjukan potensi dan kelebihan dibanding para temanya. Awalnya ayahnya ingin mengarahkan khabib sebagai atlet judo, tetapi kemudian ia melihat potensinya adalah sebagai petaruh gaya bebas. kemudian khabib mulai mempelajari berbagai aliran beladiri terutama gulat, judo dan sambo sebuah olahraga beladiri asli rusia.

masa kecil Khabib bersama petarung mma senior Fedor Emelianenko

Beberapa atlet sambo menjadi idola khabib seperti - Fedor Emelianenko, Rustam Khabilov, Rustam Mukhtarov, yang skillnya terus ia kagumi dan pelajari. Begitulah khabis terus mengembangkan kemampuan skill dgn belajar dari orang orang hebat dan faktor penting ayahnya juga yang sudah mengajarkan insting seorang fighter sejak usia dini.

21 Januari 2012 Habib melakukan pertarungan debut pertama di UFC setela mendapat kelas promosi. Pertarungan berakhir dengan kemenangannya atas Kamal Shalorus - di ronde ke-3, Habib melakukan chokehold, memaksa Kamal untuk menyerah. Awalnya banyak yang meremehkan kemampuanya untuk bertarung di arena UFC sebab tak banyak petarung dari timur yang punya nama di kandang UFC.

“Saya berumur 23 tahun saat itu, dan banyak yang mengatakan bahwa UFC terlalu tinggi dan saya terlalu muda. Tapi itu hanya memprovokasi saya, memotivasi saya. Saya tidak bisa menunggu sampai saya masuk ke kandang dan menunjukkan apa yang bisa saya lakukan. ”khabib mengingat debut UFC-nya.

Pada usia 23, Nurmagomedov menjadi pegulat Rusia termuda dalam sejarah UFC. Amerika segera menghargai keterampilan Khabib dan mengundang calon atlet ke organisasinya. Sejak saat itu, Putra suku avar yang dengan julukan "the eagle" ini terus menunjukan kemampuan berteruang dan rata rata berakhir dengan kemenngan. Yang unik, khabib selalu mengenakan sebuah topi gembala ( Papakha)- topi tradisional rusia..ini adalah bagaimana dia mengekspresikan kebanggaan akan identitas dan pengabdiannya pada tradisi suku Avar. Hanya pada kemenangan terkahir melawan McGregor khabib tidak melakukan selebrasi papakha karena insiden kericuhan sebab khabib mengamuk terhadap provokasi pihak McGregor

Khabib berkahasil mengalahkan lawan2nya dengan skil andalanya yakni teknik chokehold seperti beberapa lawan berat yang sudah punya nama seperti Gleison Tibau (Juli 2012), Kamal Shalorus (Januari 2012), Thiago Tavares (Januari 2013). Dan terbaru tentu saja Conor McGregor (2018).

Tahun 2014-2015 khabib mengalami cidera dan off dari semua pertandingna UFC meski dia masih berstatus sebagai jura tak terkalahkan. Pada 2016, dia dengan penuh kemenangan kembali ke ring, dengan percaya diri mengalahkan Darrell Horcher. Pertarungan berikutnya melawan Michael Johnson yang juga berakhir dengan kemenangan yang awalnya banyak diantara mereka yang meremehkan kemampuan khabib. pada babak ketiga juri memutuskan untuk menghentikan pertandingan setelah johnshon tidak berkutik dikunci khabib bahkan sampai pingsan.

Beberapa kali pertarungan Khabib Nurmagomedov dengan Tony Ferguson gagal. Mereka seharusnya bertemu di ring pada musim panas 2014, tetapi rencana itu batal sebab nurmagomedov mengalami cidera. Pada April 2016, pertarungan tidak terjadi karena cedera Ferguson. Pertarungan ditunda sampai Maret 2017 dan lagi2 gagal: sebelum menimbang, Khabib dirawat di rumah sakit dengan kecurigaan batu ginjal.

KEHIDUPAN PRIBADI dan AGAMA KHABIB NURMAGOMEDOV

Khabib nurmagomedov lahir dalam keluarga islam dan seorang muslim yang taat, dia tidak minum dan merokok, secara rutin pula sering mereka bersama saudaranya berziarah ke mekah baik menunaikan ibadah haji atau umrah, mereka mengamalkan ajaran alquran termasuk tidak bertanding selama bulan Ramadhan.

"Bagi saya, berpuasa di bulan Ramadhan lebih penting daripada pertarungan manapun" kata khabib


foto pernikahan khabib nurmagomedov

Khabib sudah menikah. Yang menarik, dia sangat tertutup dengan kehidupan pridanya, jadi sampai sekarang publik belum melihat wajah istrinya, sang istri juga seorang muslimah yang taat selalu mengenakan cadar. Dia menghabiskan seluruh waktunya di rumah, membesarkan anak perempuan (lahir tahun 2015) dan berdoa kepada Allah untuk kesuksesan dan keberhasilan sang suami.


khabib pergi haji

Banyak tokoh terkenal yang akrab dengan khabib, termasuk Ramzan Kadyrov, presiden Chechnya. Pada musim semi 2017, Nurmagomedov mengunjungi petinju terkenal Mike Tyson. mereka saling bertukar hadiah: Tyson memberi sarung tangan tinju dengan tanda tangan, dan Khabib menyajikan topi yang sama seperti miliknya.
Baca Juga

2 Responses to "Profil Khabib Nurmagomedov Petarung UFC: Agama, Tinggi Badan, Peringkat, Kelas"