Type Tukang Ngutang - Anda Jenis yang Mana?

Ngutang atau meminjang uang adalah hal yang lumrah terjadi. Terutama bagi anak kos, orang perantauan, dan tidak terbatas bagi siapapun yang sedang dalam kesulitan uang. Tapi kalau biacara berhutang, memang anak kos paling sering melakukan hal ini.

Biasanya anak kos akan mengutang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, pada akhir bulan dimana belanja bulanan sudah habis dan kiriman belum datang. Sudahlah, akui saja, siapapun anda yang pernah menjadi anak kos pasti pernah ngutang pada teman, ibu kos, dll. hehe.


1. TYPE Perayu

Bujuk rayu merupakan senjata utama seseorang jika mau mengajukan "proposal" kepada orang lain. Sadar kalau berada di posisi yang BU (Butuh Uang) dan butuh kepercayaan, berbagai macam kata-kata memelas akan dilontarkan agar orang yang dipinjami merasa iba. Alasannya macam-macam, seperti buat tambahan modal, beli obat, bayar tagihan, dll dan entah apakah kata-kata yang diucapkan sesuai kenyataan atau tidak. Biasanya si penghutang juga berjanji akan mengembalikan uang yang dipinjamnya dengan menyebutkan tanggal sekian dan sekali lagi entah ditepati atau tidak.







2. TYPE Pemarah

Saat tanggal jatuh tempo pengembalian sudah tiba, tentu saja pihak yang dihutangi akan berusaha menagih kepada si peminjam uang. Tapi apa yang terjadi? Bukan uang yang diberikan tetapi justru si peminjam malah sewot dan marah-marah dan menuduh kalau dia tidak dipercaya. Entah alasannya belum ada uang atau ada keperluan lain sehingga uang yang akan dikembalikan terpakai buat kepeluan tersebut. Tentu saja hal ini sangat tidak pantas karena pihak yang menagih hanya ingin mendapatkan apa yang menjadi haknya.


:





3. TYPE Tukang Ngeles


:

Nah karakter ini mirip dengan yang nomor dua tetapi dengan perangai yang lebih halus. Si tukang ngeles seperti biasa akan mengumbar berbagai alasan saat hutangnya ditagih. Kata-kata "ntar", "besok", "minggu depan", "belum ada rejeki", "dagangan seret" dan lainnya merupakan kata-kata andalannya yang selalu diumbar meskipun hal tersebut entah benar atau tidak. Dia juga kadang memamerkan dompetnya yang kosong agar lebih meyakinkan kalau dia beneran lagi bokek. Bisa dia memang lagi beneran tidak punya uang, tapi jika dia tiba-tiba punya smartphone baru... hmm patut dicurigai nih..






4. TYPE Penderita Amnesia


Tahu kan karakter Jason Bourne yang diperankan Matt Damon? Di film si Bourne diceritakan menderita amnesia (hilang ingatan) dan tidak ingat masa lalunya. Begitu juga orang yang suka hutang, jika ditagih mendadak hilang ingatan pada semua hutang-hutangnya. Karakternya hampir mirip dengan si tukang ngeles, cuma dengan tingkat yang lebih menjengkelkan. Jika ditagih mereka malah selalu balik bertanya "eh emang aku hutang berapa?" atau "emang aku pernah hutang yah?". Repotnya jika kita nggak ada bukti transaksi hutang karena cuma modal percaya aja pada teman. Nah lho..??






5. TYPE Pejabat

Kenapa ane bilang pejabat, karena biasanya orang penting seperti pejabat tuh susah ditemui, ditelpon juga susah sering tidak ada ditempat karena berbagai keperluan. Begitu juga dengan si penghutang. Saat hutang sudah jatuh tempo seperti yang dijanjikan tiba-tiba yang bersangkutan menghilang bak ditelan bumi, mau ketemu saja susahnya setengah mati, seing tidak ada ditempat, ditelpon tidak diangkat, dikirim SMS / BBM tidak dibalas. Kalau sudah seperti itu bener-bener mirip orang penting kan?






7. TYPE Penipu


Pernah lihat berita para penipu yang sering beraksi di berbagai situs jual beli online? Yup, kalau kita berhutang dan tidak ada niat mengembalikan, kita bisa disamakan dengan para penipu tersebut. Karena dalam kasus ini juga sama-sama merugikan orang lain dengan membawa sejumlah uang yang meupakan hak orang lain. Karakter penipu merupakan karakter "lanjutan" dari karakter nomor 2,3,4 dan 5 karena jika kita bilang akan mengembalikan tanggal sekian dan ternyata malah ingkar janji, marah-marah atau malah menghilang gak jelas rimbanya sudah bisa dikategorikan sebagai karakter penipu. Makanya kalau berhutang ya dibayar biar tidak dicap sebagai penipu.



8. TYPE Superhero


Bisa dibilang karakter yang ini merupakan karakter yang paling menyenangkan bak superhero di dunia nyata. Karena tanpa ditagih, si penghutang tiba-tiba datang dan mengembalikan sejumlah uang yang dulu pernah dipinjamnya. Apalagi disaat yang dihutangi sedang kesulitan keuangan, tentu tindakan si penghutang tersebut sangat menolong sekali, meskipun sebenarnya hanya sebatas mengembalikan uang. Persis seperti sosok superhero yang datang saat kita sedang kesulitan. Tapi ya sosok sang penyelamat seperti ini sangat jarang sekali ada, kenapa? Karena tidak semua orang punya kemampuan menjadi superhero.







Nah itu tadi beberapa macam karakter orang jika berhutang. Memang sebaiknya jika kita meminjam uang kepada siapapun lebih baik mengembalikannya tepat waktu, kalaupun terlambat jangan terlalu lama karena siapa tahu orang yang meminjami kita uang benar-benar sedang membutuhkan uang. Oke terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/57afab7d32e2e6a86c8b4567/sering-ngutang-ke-temen-ente-pasti-pernah-jadi-salah-satu-dari-karakter-karakter-ini/?ref=homelanding&med=hot_thread
Baca Juga

0 Response to "Type Tukang Ngutang - Anda Jenis yang Mana?"

Posting Komentar