Penjelasan Bola Api terbang Alias Braja saat Malam Tahun baru 2016

Di jakarta ada yang unik saat malam perayaan tahun baru 2016 yang lalu. beberapa saksi mata menyaksikan adanya bola api terbang alias braja. Braja sebenarnya adalah sebutan masyarakat jawa pada dulu kala yang kerap melihat api terbang yang merupakan bentuk dari ilmu hitam yang dikirimkan oleh seorang dukun pada orang tertentu.

Lalu bagaimana dengan bola api terbang pada malam tahun baru? apakah ini juga termasuk salah satu bola api ilmu hitam alias teluh tenung santet dan sebagainya?

Penampakan titik bola api di Bedahan, Depok (VIVA.co.id/Zahrul DarmawanZahrul Darmawan (Depok))

Warga Depok khususnya di kawasan Bedahan, Sawangan pada akhir tahun memiliki kebiasaan berbeda. Warga menjelang tengah malam berkerumun di kawasan permakaman Bedahan menunggu kemunculan bola api yang disebut braja api.

Pada pergantian malam tahun baru, pantauan VIVA.co.id terdapat ribuan warga di area permakaman Bedahan. Bola api sendiri dipecaya hanya muncul pada tahun baru. Fenomena itu telah berulang kali terjadi.

"Dari dulu memang begitu. Orang sini enggak ada yang tahu dari mana asal keluarnya. Tapi tiap malam tahun baru pasti muncul," kata Hamdi, salah satu warga yang berkumpul di kawasan Bedahan Depok pada Kamis malam, 31 Desember 2015.

Dia mengatakan daerah itu awalnya adalah setu atau danau yang disebut setu gugur atau setu gagal.
Beberapa lama kemudian menjelang menit pergantian tahun muncul penampakan bola-bola api. Setidaknya ada tiga bola api yang tampak di langit malam. Warga kemudian ada yang berteriak histeris. Namun sebagian besar sibuk mengabadikan momen itu dengan kamera ponsel mereka.

"Itu sih kembang api, masak iya benda gaib bisa ditentukan waktu munculnya," kata Edwin yang juga turut menyaksikan.

Sebagian warga mempercayai bola gaib tersebut berkaitan dengan praktek santet.

Sementara itu aparat Kepolisian setempat sejak malam harinya sudah berjaga di kawasan permakaman Bedahan. Kapolsek Sawangan Komisaris Nurhayati mengatakan daerah yang menjadi titik kumpul warga harus menjadi perhatian pengamanan. Antusiasme warga menurutnya masih tinggi soal bola api tersebut.

"Yang jelas kami disini hanya menjalankan tugas jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan," kata Komisaris Nurhayati.

Sekarang mari kita selidiki apa sebenarnya bola api yang menyala di langit jakarta ini?

kemungkinan memang ada banyak, tapi mari kita persempit saja, pertama kembang api, kedua ini adalah lampion.

Kalau kemungkinan pertama, kembang api, rasanya langka juga ada kembang api yang berbentuk bulat begitu? jadi saya pikir ini adalah lampion terbang. Dalam kepercayaan masyarakat tionghoa, ada semacam kepercayaan, beberapa doa ditulis dalam lampion lalu diterbangkan ke langit menuju dewa. Saya kira ini adalah penjelasan yang paling masuk akal dari bola api terbang ini.

Momen tahun baru ini mungkin banyak yang memanjatkan doa agar di tahun 2016 segalanya berjalan lebih baik. Atau sekekar bersenang senang memeriahkan suasana malam tahun baru dengan menerbangkan lampion terbang.

Ini videonya lampion terbang.


Baca Juga

0 Response to "Penjelasan Bola Api terbang Alias Braja saat Malam Tahun baru 2016"

Posting Komentar