Resep Cara Buat Nasi Gurih Ala Medan Sumatera

Nasi gurih ini sebutan untuk daerah medan, aceh atau sumatera pada umumnya. Disebut juga sebagai nasi lemak kala di malaysia. Kalau di daerah jawa ya disebut nasi uduk. Jadi sebenarnya barangnya ya itu-itu saja cuma dengan nama yang berbeda. 

Nasi gurih ini lumrah dimakan orang-orang sebagai sarapan, entah karena alasan apa. Mungkin karena enak ya karena pagi kan susah makan. Dan penjual nasi gurih ini banyak bertebaran di pinggir jalan seputaran medan. Terutama di daerah dekat kampus, wow, setiap 20 meter ada penjual nasi gurih. Harga murah dan porsi yang pas membuat nasi ini menjadi idola.


beginilah cara membuat dan resep nasi gurih medan lengkap dan enak
Pengen tau cara buatnya? gampang kok.


Bahan - bahan 
  1. 500 gr beras
  2. 500 ml santan dari 3/4 kelapa
  3. 1 lembar pandan, disimpul
  4. 1 batang sereh, memarkan
  5. 3 cm jahe, memarkan
  6. 2 lembar daun salam
  7. ½ sdm garam, atau secukupnya
Cara memasak

Masukkan beras, santan dan bahan lainnya ke dalam panci, aduk rata dan masak dengan api kecil - sedang, sampai santan menyusut / kering (kira-kira 10 - 15 menit). Aduk sekali-sekali, jangan terlalu sering agar nasi tetap utuh (tidak pecah / putus). Proses ini disebut mengaron, nasinya disebut nasi aron.

Lanjutkan memasak nasi aron dengan mengukus selama 20 -30 menit atau sampai matang
Siap dihidangkan

sumber gambar dari: http://indonesian-medan-food.blogspot.com/
Baca Juga

1 Response to "Resep Cara Buat Nasi Gurih Ala Medan Sumatera"

  1. Di Kota Bekasi, ada lontong Medan yang tak kalah enak. "Warung 59" yang berlokasi di dekat Jembatan 9 Perumahan Rawalumbu, menyediakan lontong dan nasi goreng khas Medan yang rasanya pas dan bikin kita ingat kampung halaman. Menurut pemilik warung, niatnya dalam waktu dekat juga akan ada nasi gurih. Bila anda penggemar kuliner khas Medan dan kebetulan singgah (atau memang tinggal) di sekitar Bekasi Timur, maka anda wajib coba kuliner yang satu ini. Dijamin nggak bakal nyesal!

    BalasHapus