Penjelasan ilmiah, Mitos Makan udang dan Jus jeruk Mematikan

getty images
Udang goreng tepung atau udang asam manis tampak menggiurkan dijadikan menu makan siang. Apalagi dipadu dengan segelas jus jeruk dingin. Sayangnya, banyak isu beredar yang menyebutkan kombinasi udang dan jus jeruk bisa mematikan. Benarkah demikian?

Salah satu isu yang berkembang di dunia maya, vitamin C dalam jus jeruk bisa memicu reaksi senyawa arsenik menjadi racun yang mematikan. Namun, belum ada studi yang membuktikan kebenarannya, sehingga statusnya hanya sebagai mitos belaka, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Senin (15/12).

Memang, secara alami makanan laut (terutama udang dan kepiting) mengandung senyawa arsenik. Namun, senyawa tersebut tidak banyak dan langsung dikeluarkan dari tubuh melalui urine sehingga tidak berbahaya, menurut publikasi ilmiah Clinical Chemistry.

Selain itu, menurut staf pengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB), secara kimiawi tidak mungkin udang dan vitamin C bereaksi seperti itu.

Ahli gizi juga membantah anggapan tersebut. "Enggak, sebenarnya tidak apa-apa makan udang dan jus jeruk," ujar Titi Sekarindah, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, seperti dikutip dari detikHealth.

Titi menuturkan jika ada orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi keduanya, ada kemungkinan udang yang dimakan tidak fresh atau tidak bagus.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya udang atau jus jeruk yang dikonsumsi. Jus jeruk diketahui bersifat asam, bagi orang yang memiliki masalah pada lambung bisa mengganggu pencernaan.

"Tapi kalau orangnya normal, tidak konsumsi udang dan jeruk secara berlebihan dan udang yang dimakan juga fresh maka tidak apa-apa atau tidak memicu terjadinya keracunan," ujar dr Titi.

Karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah udang atau makanan laut lain yang masih fresh, tidak mengonsumsinya secara berlebihan, serta pada orang dengan gangguan lambung sebaiknya hindari minuman asam.
Baca Juga

0 Response to "Penjelasan ilmiah, Mitos Makan udang dan Jus jeruk Mematikan"

Posting Komentar