Pelabuhan Terbesar dan Paling Terkenal di Indonesia

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas penunjang transportasi yang berada di laut. Sama halnya dengan terminal di darat, pelabuhan befungsi sebagai tempat transit kapal laut, perahu, fery, kapal nelayan dan berbagai sarana transportasi laut lainya. Pelabuhan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti alat-alat bongkar muat kapal, crane, kamar pendingin, tempat pelalangan ikan, tempat pengolahan ikan dan sebagainya tergantung dari pada jenis pelabuhan tersebut. 

Lima pelabuhan terbesar yang berstatus Pelabuhan Utama di indonesia

1. Pelabuhan Tanjung priok

Peringkat satu adalah Pelabuhan Tanjung priok. Pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor maupun barang antar pulau. Data tahun 2021 menunjukan total barang yang di muat mencapai 12.836.765 ton serta barang yang dibongkar di pelabuhan ini mencapai 10.955.139 ton.

2. Pelabuhan Semayang, Balikpapan


Pelabuhan Semayang terletak di Kecamatan Prapatan. Pelabuhan ini paling sibuk di Balikpapan karena merupakan pelabuhan barang maupun penumpang ke kota-kota bagian barat Indonesia, seperti Jakarta atau Surabaya. Ditambah lagi pada tahun 2024 indonesia akan memiliki ibukota baru yakni IKN ibukota nusantara. Pelabuhan semayang adalah akses utama tansportasi laut menuju ibukota nusantara. Perusahaan pelayaran nasional, PT Pelni, memiliki layanan ke dan dari kota lain di Indonesia, seperti Nabire, Tarakan, Nunukan, Parepare, Surabaya, Jayapura, Makassar, Maumere, Kupang, Surabaya dan Jakarta. Total barang yang  dibongkar di Pelabuhan Semayangmencapai 9.441.480 ton dan barang yang dimuat mencapai 9.438.519 ton, data 2021.

3. Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya


Pelabuhan tanjung perak adalah pelabuhan utama yang terletak di Kota surabaya, jawa timur. Tanjung Perak merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di pulau jawa setelah Pelabuhan Tanjung Priok dan ketiga terbesar di indoensia dan juga sebagai pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian timur. Pelabuhan Tanjung Perak menjadi kantor pusat PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III. Total barang yang  dibongkar di Pelabuhan Tanjung Perak mencapai 7.126.525 ton dan barang yang dimuat mencapai 4.951.654 ton, data 2021.

4. Pelabuhan Soekarno–Hatta, Makassar


Pelabuhan Makassar, juga dikenal sebagai Pelabuhan Soekarno–Hatta, adalah pelabuhan laut di Makassar, Indonesia. Pelabuhan ini memiliki memiliki lalu lintas penumpang tertinggi dan lalu lintas kargo terbesar di Sulawesi. Pelabuhan Soekarno–Hatta Makassar dikategorikan sebagai pelabuhan kelas utama oleh Pemerintah Indonesia, bersama dengan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dan Pelabuhan Belawan di Medan. Total barang yang  dibongkar di Pelabuhan Soekarno–Hatta, Makassar mencapai 6.193.921 ton dan barang yang dimuat mencapai 3.472.670 ton, data 2021.

5. Pelabuhan Belawan, Medan


Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di Kota Medan, Sumatra Utara, Indonesia dan merupakan pelabuhan terpenting di pulau Sumatra. Pelabuhan Belawan adalah sebuah pelabuhan dengan tingkat kelas utama yang bernaung di bawah PT Pelabuhan Indonesia I. Koordinat geografisnya adalah 03°47′N 98°42′E (03º 47’ 00” LU dan 98” 42” BT). Pelabuhan ini berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Medan. Total barang yang  dibongkar di Pelabuhan Belawan mencapai 2.663.935 ton dan barang yang dimuat mencapai 69.673 ton, data 2021.

Posting Komentar