8 Cara Hilangkan Insomnia (susah Tidur) No 8 paling Ampuh

Insomnia atau susah tidur adalah hal yg hampir pernah dialami oleh manusia dewasa. 70% menusia dewasa menderita insomnia atau susah tidur. 

Bagi para insombia, tidur paling cepat adalah lewat tengah malah entah pukul 1 2 atau 3. Kebiasaan seperti ini tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan. Biarpun waktu tidur malam yg terbuang bisa diganti dengan waktu bangun yg lebih lambah, tetap saja fungsi tidur di malam hari tidak tergantikan.

Waktu yg terbaik untuk tidur adalam pukul 9-11 malam, dan bangun pukul 4-6 pagi. karena pada waktu inilah tubuh bekerja meregenerasi sel, baik sel otak, sel tubuh dan sel darah untuk kembali bugar menghadapi rutinitas esok hari. 


1. Makan makanan yang manis




Riset baru dari Jepang menemukan bahwa senyawa aktif dalam tebu dapat mengurangi stres dan memicu kantuk. Riset tidur yang dilakukan pda hewan pengerat ini menemukan bahwa senyawa aktif tersebut bernama octacosanol.

Peneliti mengatakan bahwa stres adalah faktor utama yang menghambat tidur dan suplemen octacosanol telah terbukti aman pada manusia. Otacosanol dapat digunakan sebagai terapi efektif untuk orang yang menderita insomnia akibat stres. Senyawa ini juga ditemukan pada makanan lain, termasuk kulit padi, biji gandum, dan lilin lebah.



2. Minum susu





Susu hangat sebelum tidur merupakan resep yang dipercaya turun temurun untuk membuat tidur lebih nyenyak.

"Susu mengandung protein α-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur," kata Winter.

Makanan yang mengandung triptofan- termasuk putih telur dan biji labu- sebaiknya sering kita konsumsi jika memiliki masalah insomnia. "Kalsium susu juga memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak," tambahnya.



3. Berhenti ingin melakukan sesuatu



Ada kalahnya kita sudah merasakan mengantuk pada pukul 9 atau 10 malam. Namun rasanya masih ada yg tersisa untuk kita lakukan. Ini karena kebiasaan kita yg terbiasa tidur di larut malam. entah untuk menonton acara kesukaan, main internet, buka youtube karena ada paket malam dll. 

Sehingga ketika kita sudah mengantuk pada malam hari ada pikiran tidak rela  untuk tidur cepat karena kebiasaan tersebut tadi. Nah, utnuk bisa tidur cepat dan nyenyak cobalah untuk tidak berfikir harus melakukan ini itu yg tidak penting di malam hari. Ketika mengantuk ya tidurlah


4. Berada di tempat tidur saat siap untuk tidur



Jika Anda pernah menemukan diri Anda berbaring di ranjang namun tidak bisa tertidur, Anda telah mengalami suatu kondisi yang menurut para ahli disebut dengan
"kondisi bergairah".

Melakukan berbagai kegiatan di tempat tidur, seperti mengecek media sosial atau mengirim pesan, akan melatih otak untuk membuat kita tetap terjaga di tempat tidur. Jadi, buatlah tempat kamar Anda benar-benar menjadi tempat untuk tidur.



5. Belajar beristirahat



"Manfaat beristirahat dan tidur dalam beberapa kasus tidak dapat dibedakan," kata Winter.

Riset tahun 2008 yang didanai oleh National Institute of Mental Health mengenai efek berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup, menemukan bahwa ketika beristirahat, beberapa neuron otak Anda dimatikan. Hal ini sama dengan apa yang terjadi dalam tidur ketika neuron menghentikan aktivitas.

National Sleep Foundation juga mengatakan bahwa istirahat bisa mengurangi stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan kewaspadaan, kejernihan mental, kreativitas, dan motivasi.

Namun, manfaat yang nyata dari tidur nyenyak tetap tidak sebanding dengan beristirahat sambil berbaring. Tidur nyenyak dapat bermanfaat bagi pemulihan kognitif, kemampuan memori meningkat, dan regulasi hormon. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan meskipun hanya dengan tidur siang.

Tidur adalah pilihan terbaik untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Namun jika tidur tetap sulit dilakukan, Anda bisa menenangkan pikiran Anda dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa hanya beristirahat saja membuat otak Anda santai.



6. Nyalakan pendingin ruangan



Riset menemukan bahwa tidur dengan suhu dingin dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Ini membantu menurunkan suhu inti tubuh Anda dan memicu proses yang membuat Anda tertidur.


7. Meditasi



Terkadang otak Anda membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan untuk tertidur, dan meditasi adalah tren tidur yang diakui banyak orang sangat membantu.

Sebuah riset tahun 2015 di JAMA menemukan bahwa meditasi penuh membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa dengan mengurangi "kekhawatiran, kebimbangan, dan gangguan suasana hati."

8. Cobalah Untuk begadang.


Ini sebenarnya trik ampuh tapi juga bisa menjadi sangat tidak ampuh tergantung bagaimana situasinya. Ini pengalaman saya, ketika saya coba begadang , terutama untuk menonton bola pada larut malam kok saya jadi mengantuk tidak tertahankan. jadi ini bisa jadi tips untuk dicoba, kalau mata terasa susah tidur, beranjaklah dari tempat tidur, tidak perlu memaksa maksa untuk memejamkan mata, tapi lakukanlah hal sebaliknya seperti berfikir, aku harus begadang malam ini. aku harus menonton sesuau, aku tidak boleh ketiduran.

Dengan berfikir bertolak belakang begini biasa tubuh akan memberikan reaksi bertolak belakang pula dan hasilnya anda pasti akan mengantuk dan bahkan bisa ketiduran di lantai atau di sofa
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "8 Cara Hilangkan Insomnia (susah Tidur) No 8 paling Ampuh"

Posting Komentar