Jenis-jenis Jambu, Khasiat dan Cara Pemanfaatanya

Buah jambu adalah buah yang sudah tidak asing bagi orang indosia. Siapapun tahu apa itu buah jambu. Siapapun pasti pernah makan yang namanya buah jambu. bener tidak? ayo ngaku. siapa yang tidak pernah makan buah jambu. Sebab jambu adalah tumbuhan yang bisa tumbuh dan mudah tumbuh dimana saja. Di dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, dsb.

Meski kita akan menemukan bentuk dan macam macam jambu yang berbeda beda tergantung tempatnya. Misalnya anda akan menemukan jambu yang bentuknya lain dengan jambu yang  tumbuh di rumah teman anda.

Ya menang, sebab jambu itu ternyata banyak macam, jenis atau namanya. Selain banyak jenisnya, jambu juga kaya manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan, pengobatan dll. Apa saja? mari kita lihat di bawah ini.

Macam-macam Jenis dan Nama Jambu Biji:


1. JAMBU AUSTRALIA



Ciri khusus jambu biji australia ini daunnya hijau semu kemerahan, demikian juga warna buahnya.

2. JAMBU BANGKOK.

Jambu bangkok berukuran besar, daging buahnya tebal berwarna putih rasanya manis segar.




3. JAMBU SUSU



Bentuk buah agak lonjong dengan ujung membulat dan pangkalnya meruncing. Kulit buah jambu susu berwarna hijau kekuningan, daging buahnya tebal dan teksturnya lembut. Jambu susu ini biasa di sebut jambu Pasar Minggu, jambu pasar minggu sendiri selain yang berwarna putih (susu) juga ada yang berwarna merah. Tetapi yang lebih disukai adalah yang berwarna putih karena rasanya lebih manis dari pada yang merah.

4. JAMBU SUKUN.

jambu sukun merah



Jambu sukun putih.



Jambu sukun sangat di gemari karena ukuran buahnya besar, kulitnya mengkilap, daging buahnya tebal, rasanya manis segar dan bijinya sedikit bahkan hampir tidak ada sama sekali. Ada yang mengatakan jambu sukun ini mirip dengan buah pir.


5. JAMBU KRISTAL/MUTIARA





jambu kristal/mutiara berukuran sedang, dagingnya berwarna putih tebal dan bijinya sedikit, rasanya sangat manis dan kandungan airnya sedikit, sehingga terasa renyah saat dimakan.


6. JAMBU KAMBOJA.




Ukuran dan bentuknya seperti buah alpukat. Beratnya antara 400-500 g per buah. Beraroma cukup tajam dan rasanya sangat manis. Oleh karena itu, jambu ini sering dijadikan juice.

Fungsi Jambu Biji Untuk Kesehatan:

Banyak manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh kita. Jambu biji ini bisa dimakan segar atau dibuat jus yang dingin. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, batang maupun daun dari jambu biji ini juga banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat buah jambu biji:

Kandungan serat yang tinggi dalam buah jambu biji membantu dalam proses pencernaan juga membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan serat ini juga dapat mengurangi naiknya tekanan darah.
Daging buahnya terutama jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah sangat baik untuk pemulihan penderita demam berdarah yaitu untuk menaikkan trombosit dan kekebalan dalam tubuh penderita. Biasanya disajikan dalam bentuk jus.
Daun jambu biji ini sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit diare/mencret. Caranya adalah : daun jambu biji dicuci bersih, kemudian direbus dengan sedikit air lalu diminum. Biasanya tidak hanya sekali minum agar cepat berhenti.

Manfaat Jambu Biji:

A. Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh.

B. Daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

C. Daun jambu biji bisa digunakan untuk pengobatan diare, gastroenteritis, dan keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan.

D. kulit batang jambu biji juga memiliki aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini secara in vitro bersifat toksik (anti racun) terhadap beberapa bakteri penyebab diare, seperti Staphylococcus, Salmonella, Shigella, Bacillus, Escherichia coli, Clostridium, dan Pseudomonas

E. Buah jambu dapat dikonsumsi dalam bentuk segarnya atau diolah menjadi berbagai macam produk seperti selai, jeli, pasta, dodol, dan jus.

F. Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

G. Jambu biji juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber). Serat pangan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar (kanker kolon), divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit batu ginjal.


H. jambu biji memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi, seperti vitamin C, potasium, dan besi. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, tetapi tinggi akan serat pangan.

Manfaat Jambu Biji Untuk Pengobatan:

Manfaat jambu biji semakin bertambah. Para peneliti dari United States Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa jambu biji adalah buah dengan kandungan antioksidan terkaya di antara keluarga buah-buahan. Bayangkan, kandungan vitamin C dalam satu cangkir jambu biji lima kali lebih banyak dari jeruk, yaitu 377 mg. Vitamin C merupakan bahan dasar kolagen yang sangat baik untuk mengatasi masalah keriput di wajah para perempuan.

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan cantik. Tentunya bukan hal yang sulit, apapun bisa dilakukan bila ada kemauan yang kuat untuk mencapainya. Intinya dengan menjaga pola hidup sehat dan seimbang, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan diantaranya manfaat jambu biji untuk kesehatan. jambu biji dapat digunakan berbagai macam pengobatan seperti contoh dibawah ini:

1. Diabetes Mellitus

Bahan:
1 buah jambu biji setengah masak
Cara membuat:
buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan

direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk

diambil airnya.

Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

2. Maag

Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3. Sakit Perut (Diare)

Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian
disaring untuk diambil airnya
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui

Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.
Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut,
airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk Angin

Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai
merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter
air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

6. Beser (mudah buang air kecil) berlebihan

Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk
beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5
gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani

Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat
dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada
bayi.

8. Sariawan

Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

9. Sakit Kulit

Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga
jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

10. Obat luka baru

Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.
Cara membuat: dikunyah sampai lembut
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar
tidak mengelurkan darah terus menerus.

Sekarang kita melihat macam-macam jambu air.


Jambu air, atau jambu Bol atau jambu klampok ada banyak jenis dan warnanya, antara lain :

1. JAMBU BOL.

Entah kenapa jambu ini di namakan jambu bol , apa mungkin karena bentuknya gembung bulat seperti bola ?, tetapi ada juga yang menyebutnya jambu Dersono.




2. JAMBU BOL JAMAIKA




3. JAMBU APEL.



Jambu apel yang buahnya mirip apel sangat mudah dibedakan dari jenis jambu air lainnya. Buahnya selalu memiliki bekas kelopak berwarna merah yang sangat kontras dengan warna buah yang putih violet. Bila diperhatikan, sebenarnya jambu ini mengalami tiga kali perubahan warna, yaitu hijau saat muda, putih bila tua, clan putih violet bila matang. Daging buahnya bertekstur keras dan rasanya manis. Ukuran buahnya termasuk sedang. Setiap kg-nya berisi 15 buah. Buahnya ada yang berbiji dan ada yang tidak.

4. JAMBU MAWAR.



  mawar rasanya manis dan baunya wangi.

5. JAMBU KANCING.



Warna buah putih hingga merah, daging buahnya berwarna putih, banyak berair, hampir tidak bearoma, dan rasanya cenderung asam dan asam manis, bahkan kadang sepat

6. JAMBU CAMPLONG (Madura).

Jambu camplong berasal dari madura. ada dua macam yaitu camplong merah dan camplong putih. Tekstur buahnya halus dan empuk bila digigit.




7.JAMBU SUKALUYU

Dinamakan jambu air sukaluyu karena asal indukannya berasal di sukaluyu bandung, jawa barat.




8. JAMBU LONCENG.


9. JAMBU LILIN.

jambu lilin ada 2 macam yaitu janbu lilin merah dan jambu lilin hijau,




10. JAMBU KAGET.

Jambu kaget, atau orang buasa menyebut dengan sebutan Jambu Semarang. Daging buahnya tebal dan padat , bentuk buahnya seperti seditiga sama sisi. Jambu kaget ada tiga warna yaitu jambu kaget hijau, jambu kaget merah dan jambu kaget putih.






11. JAMBU CINCALO GONDRONG.

Orang menyebutnya cincalo yang berarti enak sedangkan kata gondrong di ambil dari nama sebuah seda di cipondoh,tangerang jawa barat. Buahnya manis nyaris tanpa biji. Ada 2 macam kambu cincalo yaitu cincalo gondrong merah dan cincalo gondromg hijau.





12. JAMBU KING ROSE.



Jambu air King Rose memang bukan varietas jambu air terbesar . Ukuran King Rose tidak sebesar jambu Bandar di Pulau Bangka yang memiliki buah seukuran mangga golek, namun King Rose adalah jambu ‘raksasa’ yang konon kabarnya dengan rasa termanis yang pernah ada.King Rose banyak diperdagangkan dalam kelompok buah ‘mewah’, tidak jarang King Rose dapat ditemui di supermarket/hypermarket di Jakarta dengan harga semahal anggur Red Globe.

13. JAMBU BLACK KINGKONG.




Bersama ‘saudaranya’ Black Diamond, Jambu air Black King Kong dan jambu air Black Diamond adalah 2 jambu air bersaudara asal Taiwan yang telah menjadi unggulan ekspor tak tertandingi sampai saat ini dari negara tersebut ke beberapa negara Asia Timur.

Atribut penamaan ‘Black’ pada jambu air Black Kingkong berasal dari warna buah yang merah gelap. Warna gelap ini mungkin hanya bisa disaingi oleh saudaranya Black Diamond.


Kandungan dan manfaat :

Dikarenakan buah ini memiliki kandungan air yang lebih banyak dari pada dagingnya, hal ini dapat membantu kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Cairan sangat penting untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dibuang bersama air tersebut. Bila di dalam ginjal tidak tersedia cukup air, kotoran tubuh tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Akibatnya kotoran dapat membentuk batu ginjal.

Vitamin A yang ada dalam buah ini ternyata juga cukup besar. Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas dan medongkrak fungsi sel darah putih sebagai anti bodi dan antivirus di dalam tubuh kita. Dilaporkan pula tingginya peristiwa kekurangan vitamin A pada orang yang terinfeksi HIV.

Dalam jambu air ini ternyata juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Diperkirakan dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C yang seimbang dengan jeruk mandari yaitu 22 mg. Dengan banyaknya vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Vitamin C memiliki sifat sebagai water holder (menyimpan air) sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Kandungan dari buah jambu air tak hanya sebatas itu saja. Karena jambu air memiliki serat pangan yang cukup tinggi. Buah ini juga mengandung sumber mineral besi, magnesium, asam sulfuric, asam sitrat, mangan, protein, tembaga, seng, kalium, fosfor, magnesium, kalium dan kalsium.

JAMBU MONYET


Jambu monyet atau jambu mede atau jambu mente (jawa) adalah sejenis tanaman yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, bijinya yang biasanya dikeringkan dan digoreng untuk dimakan.




Yang biasa disebut "buah" (bagian lunak yang membengkak berwarna kuning atau merah) sesungguhnya adalah dasar bunga (receptaculum) yang mengembang setelah terjadi pembuahan. Buahnya sendiri adalah bagian "monyet"nya, berisi biji yang dapat diola

“ Manfaat Jambu Mete “

Kulit kayu jambu mete mengandung cairan berwarna coklat, apabila terkena udara, cairan tersebut berubah menjadi hitam. Cairan ini dapat digunakan untuk bahan tinta, bahan pencelup, atau bahan perwarna. Selain itu, kulit batang pohon jambu mete juga berkhasiat sebagai obat kumur atau obat sariawan. Batang pohon mete menghasilkan gum atau blendok untuk bahan perekat buku. Selain daya rekatnya baik, gum juga berfungsi sebagai anti ngengat yang sering menggerogoti buku.

Akar jambu mete berkhasiat sebagai pencuci perut. Daun jambu mete yang masih muda dimanfaatkan sebagai lalap, terutama di daerah Jawa Barat. Daun yang tua dapat digunakan untuk obat luka bakar.

Diambil dari berbagai sumber.

Related Posts