5 Makanan khas Kamboja Paling Enak dan Populer

Masakan Kamboja adalah salah satu khasanah kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan kombinasi antara citarasa Vietnam dan Thailand. Namun meskipun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara itu bukan berarti Anda tidak perlu mencoba masakan Kamboja. Kamboja menaruh beragam makanan yang patut dipuji lantaran kekayaan rasanya. Di bawah ini lima di antaranya yang direkomendasikan oleh CNN Travel.


1. Semut merah dengan daging dan daun basil





Serangga adalah bahan makanan yang sering dijumpai dalam kuliner Kamboja. Tarantula, jangkrik, belalang, dan kalajengking biasanya dijadikan cemilan khas yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Kalau Anda ingin mencoba salah satu dari makanan ekstrem ini, pilihlah semut merah. Rasa dan bentuknya lebih mudah diterima lidah orang asing daripada jangkrik atau kalajengking. Semut merah dalam berbagai ukuran digoreng dengan jahe, serai, bawang putih, daun bawang dan irisan daging sapi. Untuk melengkapi citarasa alami semut yang cenderung asam, ditambahkan pula cabai yang berlimpah.


2. Kari merah Khmer




Kari merupakan kuliner khas Asia. Tiap negara punya resep khasnya masing-masing, begitu juga dengan Kamboja. Di Kamboja kari disajikan dengan kuah merah yang kental. PEnampilannya mirip dengan kari khas Thailand. Meskipun terlihat banyak mengandung cabai, ternyata kari Khmer ini tidak sepedas kari di Thailand. Isinya terdiri dari daging sapi, ayam atau ikan, terong, buncis, kentang, dan santan. Biasanya dimakan dengan roti, hasil dari pengaruh budaya Prancis yang pernah menjajah negara tersebut.

3. Fish a mok




Fish amok termasuk makanan Kamboja yang paling populer. Masakan ini bentuknya menyerupai puding, tetapi mempunyai citarasa yang gurih karena terbuat dari ikan. Yang membuat makanan ini terasa unik di lidah adalah penambahan slok ngor, rempah khas Kamboja yang rasanya sedikit pahit.

4. Ang dtray-meuk





Ang dtray-meuk sebenarnya adalah cumi-cumi utuh yang dipanggang. Ang dtray-meuk adalah jajanan yang biasa ditemui di kota-kota pesisir seperti Sihanoukville dan Kep. Para penjaja makanan ini biasanya membawa pemanggang yang dipikul di pundak. Cara pembuatannya sangat sederhana. Cumi-cumi diolesi dengan perasan jeruk nipis atau saus ikan kemudian dipanggang di atas barang arang. Untuk penyajiannya disediakan saus kemerahan khas Kamboja dalam mangkuk kecil.

5. Bai sach chrouk





Bai sach chrouk berarti babi dan nasi. makanan ini merupakan menu sarapan yang populer di Kamboja. Biasanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan pada pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini bahan-bahannya cukup sederhana. Terbuat dari daging babi yang diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa manis keluar. disajikan bersama nasi acar mentimun. sebagai pelengkap disediakan kaldu ayam yang ditaburi bawang merah dan irisan daun bawang. Nasi dalam bai sach chrouk terbuat dari butiran beras patah, beras berkualitas buruk yang biasa dijadikan pakan ayam. Pemilihan beras ini lebih merupakan tradisi Kamboja.Kalau sedang berkunjung ke Phnom Penh, Anda akan menjumpai penjaja makanan ini di sudut-sudut jalan kota tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "5 Makanan khas Kamboja Paling Enak dan Populer"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *