6 Makanan Khas yang Cuma Ada di Indonesia

Bagi anda yang mengaku warga negara indonesia pasti sudah tidak asing dengan berbagia macam makanan di bawah ini. Mungkin juga di rumah anda sudah sangat menyukai makana ini dan sering merindukanya terlebih jika anda sekarang berada di luar negeri. Sebab makanan ini memang cuma ada di indonesia, menjadi ciri khas makanan indonesia yang tidak akan di temukan di belahan bumi manapun di dunia ini. So berikut ini adalah daftar makanan yang merupakan ciri khas indonesia alias indonesia banget. 


1. Sambal Racik


Makan tidak pakai sambal sepertinya ada sesuatu yang kurang. Dan sesuatu ini sangat penting. Sambal sudah menjadi bagian dari hidup kita, orang Indonesia. Sambal tidak cuma terkenal di masyarakat Jawa. Minang punya Sambal Lado, Manado punya Sambal Dabu-dabu, dan lain-lain. Saking pentingnya, bagi pencinta sambal sejati, sambal udah bukan lagi dianggap sebagai pelengkap, melainkan menu utama.

Makanya ada candaan yang bilang kalau anda lagi bokek, nasi disambalin juga udah enak. Ini memang benar banget adanya. Kekayaan rempah-rempah di Indonesia bikin sambal yang kita milikin ini rasanya gurih dan sungguh sedap. Tiap sambal punya cita rasa yang beda dan pasangan lauk yang beda. Ada yang cocok disandingin sama ikan, ada yang enak sama petai atau ayam.


2. Kerupuk


Kerupuk juga menjadi salah satu menu penting dalah selera makanan khas indonesia. Berkat variasi kerupuk yang udah ditemkan nenek moyang kita yang terdahulu, makanan kita jadi lebih gurih dan enak dinikmati. Negara lain boleh aja punya kerupuk, tapi di Indonesia, semua bisa dijadiin kerupuk.

Kerupuk udang, bawang, atau ikan mungkin sudah biasa? Nah, emping? Kerupuk dari melinjo ini cocok dimakan pakai rawon. Atau, ada juga kerupuk gendar berbahan dasar nasi dan cocok disantap pakai pecel. Kerupuk berbahan dasar sayur? Ada. Kerupuk bayam namanya. Ada satu juga yang unik. Ingat rempeyek? Rempeyek berbahan dasar tepung beras, rempah-rempah, dan kacang. Biasanya rempeyek ini jadi teman pecel. Rempeyek enak juga kalau dimakan tanpa makanan berat sebagai cemilan.

3.  Gorengan


Ini adalah makanan yang sangat di cari-cari ketika waktu beranjak sore. Gorengan laku dicari pas perut lapar sebelum masuk jamnya makan. Praktis, ngenyangin, nikmat, dan yang terpenting, murah meriah. Di zaman udah modern begini, uang Rp1.000 masih bisa nahan perut yang berteriak. Gorengan bakal jadi penyelamat saat dompet lo lagi memprihatinkan.

Eits, jangan karena mau hidup hemat, jadi beli gorengan melulu. Sebab ada efek samping dari benda-benda murah. Harga bagus biasanya berbanding terbalik sama kualitasnya. Gorengan pisang, bakwan, tempe, atau tahu isi yang lo makan itu mengandung minyak yang enggak sehat. Rasa gurih yang bikin nagih dari gorengan juga terbuat dari MSG alias mecin.


4. Aci


Aci lagi naik daun, nih. Di mana-mana, tukang gerobak keliling jualannya camilan ringan yang terbuat dari aci alias tepung. Ada beberapa singkatan yang dibuat sehingga bikin anda mudah menegingat dan meyebutkan camilan dari aci. Di antaranya cimol (aci diemol), cilor (aci telor), cireng (aci goreng), cilung (aci digulung), dan cilok (aci dicolok).

Proses dan bumbunya beda juga. Sebagai orang Indonesia sejati, kayaknya anda perlu coba semua varian dari aci. Tidak perlu khawatir pada harganya. Sama seperti gorengan, aci dijual dengan harga yang gila murahnya. Jadi, jangan coba-coba makan aci sebagai pengganti nasi, soalnya tidak baik buat kesehatan.


5. Tentu, Mi Instan


Makanan ini sepertinya tidak perlu dijelasin panjang lebar karena sangat universal dibanding makanan-makanan yang tadi udah disebutin di atas. Pasalnya, makanan yang penampilannya sederhana ini punya zat adiktif yang enggak terelakkan. Apalagi, mi instan gampang banget didapat, praktis, dan ramah dompet (lagi-lagi ini).

Siapa yang enggak doyan mi instan? Kalau sampai ada orang yang tidak suka, coba anda goda mereka dengan semangkuk mi instan hangat di kala hujan. Setelah itu, niscaya mereka bisa lebih ngehargain pencinta mi instan yang fanatik.


6:  (Jamu) Obat Masuk Angin


Walaupun bukan makanan, obat juga dikonsumsi, ‘kan? Nah, obat ini disayang banyak orang Indonesia. Entah, berapa banyak hati yang hancur kalau perusahaan penghasil obat masuk angin gulung tikar. Sampai sekarang, saya juga bingung apakah penyakit yang kayaknya cuma punya orang Indonesia ini benar ada atau tidak. Walaupun tidak benar, penyakit masuk angin udah jadi sugesti jutaan orang.

FYI, obat ini bukan cuma buat menghilangkan angin di dalam badan, tapi juga dipakai ketika meriang, flu, atau demam. Yap, sebagian orang selalu sedia obat masuk angin di dalam tas dan bakal meminumnya walau dia enggak lagi masuk angin. Mungkin anda salah satunya?

Secara tidak lengsug beberapa makanan diatas sudah bisa diketegorikan sebagai makana khas dari indonesia alias indonesia banget. BUkan merupakana makanan khas daerah tertentu tapi indonesia secara umum. Dan bisa dijamin kalau anda yang tinggal di luar negeri bakal kangen sama makana diatas. Kalau anda makanan mana yang paling akrab dengan kehidupan sehari2.?
Baca Juga

0 Response to "6 Makanan Khas yang Cuma Ada di Indonesia"

Posting Komentar