Daftar Nama Terpidana Mati Kasus Narkoba, Dieksekusi Selasa 28 april 2015

Apapun cerita kanan kiri, protes dan sebagainya, jokowi sebagai bos tertinggi republik indonesia tampaknya enggan bergeming. Proses eksekusi mati akan segera dilakukan. Kabarnya, jadwal eksekusi mati ini akan dilakukan malam ini, selasa, 28 april 2015. kesembilan terpidana mati ini akan dibunuh oleh tim brimob polri.

Tata cara pelaksanaan eksekusi mati diatur dalam UU Nomor 2/Penetapan Presiden (PNPS)/1964. Aturan teknis eksekusi mati diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pidana Mati.
ilustrasi

Dalam Perkap Nomor 12, diatur mengenai peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh regu penembak sebagaimana termuat dalam Pasal 19 yakni satu pucuk senjata genggam dan sebilah pedang untuk komandan pelaksana, satu pucuk senjata genggam untuk Komandan regu penembak, 12 (dua belas) senjata api laras panjang untuk anggota regu penembak, 12 (dua belas) magasin untuk anggota regu penembak, 3 (tiga) butir peluru tajam, 9 (sembilan) butir peluru hampa kaliber.

Selain itu anggota regu penembak dibekali 12 (dua belas) butir peluru senjata genggam. Para anggota regu tembak akan mengenakan pakaian PDL 3 Brimob Polri. Pada Pasal 20, disebutkan senjata api yang digunakan regu penembak terpidana mati bukan merupakan senjata organik yang dipakai sehari-hari oleh personel yang ditunjuk sebagai regu penembak.

Berikut 9 terpidana mati yang akan dieksekusi dalam waktu dekat:

1. WN Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso (batal dieksekusi di detik2 terakhir)
2. WN Australia, Myuran Sukumaran
3. WN Australia, Andrew Chan
4. WN Ghana, Martin Anderson
5. WN Nigeria, Raheem Agbaje
6. WN Indonesia, Zainal Abidin
7. WN ‎Brazil, Rodrigo Gularte
8. WN Nigeria, Sylvester Obiekwe Nwolise
9. WN Nigeria, Okwudili Oyatanze

Meski begitu, Jaksa Agung Prasetyo belum berucap kata pasti, apakah benar sembilan orang itu akan dihukum mati pada malam nanti. "Kalau belum dengar dari saya langsung, jangan sebut dipastikan hari Selasa‎ (28/4)," kata Prasetyo saat berbincang, Senin (27/4) kemarin.
Baca Juga

0 Response to "Daftar Nama Terpidana Mati Kasus Narkoba, Dieksekusi Selasa 28 april 2015"

Posting Komentar