Anggun C Sasmi Tolak Hukuman Mati Serge Areski Atlaoui kirim Surat pada Jokowi

Penyanyi terkenal indonesia yang lama tinggal di eropa Anggun C sasmi menyampaikan keberatan dan ketidaksetujuan atas rencana indonesia menghukum mati Serge Areski Atlaoui si terpidana mati kasus narkoba. Diketahui, Serge adalah salah satu tersangka yang ditangkap bersama belasan orang di sebuah pabrik ekstasi di Cikande, Kabupaten Tangerang pada tahun 2005 lalu.

Pada 2007 lalu, Serge divonis hukuman mati karena dianggap terlibat sebagai ahli kimia dalam proses produksi ekstasi. Serge sempat mengajukan grasi pada tahun 2014, namun ditolak oleh presiden RI, Joko Widodo. Pengajuan PK Serge akhirnya dierima pada 10 Februari 2015 lalu.

Yang menjadi pertimbangan anggun mungkin memang benar pekerjaan Serge Areski Atlaoui adalah tukang las seperti yang dia sampaikan dalam pembelaan, dan bukan merupakan ahli kimia.
Serge Areski Atlaoui (kemeja putih)

“Saya menyampikan PK karena hingga kinj saya tidak setuju dengan hukuman yang dijatuhman kepada saya. Saya merasa tuduhan yang ditimpakan tidak sesuai dengan apa yang saya lakukan,” ujar Serge yang diwakili penerjemahnya.

Serge menegaskan bahwa di pabrik tersebut dia hanya bekerja sebagai seorang tukang las mesin. “Tapi vonis yang dijatuhkan saya disebut sebagai ahli kimia. Tidak benar juga bahwa saya yang meracik MDMA untuk bahan baku ekstasi,” kata Serge.

Berikut ini surat terbuka anggun c sasmi kepada jokowi terkait hukuman mati Serge Areski Atlaoui
Surat terbuka untuk Bapak Presiden Joko Widodo

Yang terhormat Bapak Presiden Joko Widodo,

Seperti yang mungkin bapak ketahui, sudah bertahun-tahun saya bermukim di Perancis. Sebagai orang Jawa dan orang Indonesia saya sangat bangga dengan budaya yang mengalir di darah saya dan saya merasa sangat beruntung bisa tinggal di negara yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, sebagai wanita dan juga artis, ini adalah sumber inspirasi yang sangat berharga.

Tentu saja saya sangat mengerti dampak negatif dari Narkoba terutama di Indonesia dan saya sangat setuju juga selalu mendukung pemberantasan Narkoba di dunia. Tetapi saya juga yakin bahwa hukuman mati bukan satu solusi untuk menurunkan tingkat kriminalitas atau untuk menjaga kita dari semua kejahatan. Hukuman mati menurut saya adalah kegagalan sisi kemanusiaan juga hilangnya nilai nilai hukum keadilan. Hukuman mati bukanlah keadilan, apapun penyebabnya. Saya amat dan sangat yakin untuk ini. Hukum yang diberikan terhadap Bapak Serge Atlaoui membangunkan emosi yang sangat dalam di Eropa, terutama di Perancis. Saya termasuk orang yang merasakan ini karena banyaknya sisi-sisi keruh yang akhirnya terlihat lebih jelas di dalam kasus pengadilan Bapak Serge Atlaoui, keraguan yang membuat keputusan hukuman mati menjadi tidak dimengerti karena banyaknya ketidaktentuan dalam kasus beliau.

Selain itu saya pribadi yakin bahwa Bapak Serge Atlaoui tulus dan jujur.

Saya berada di Jakarta pada saat Bapak dipilih menjadi Presiden. Hati saya bahagaia, berdebar keras dan merasa sangat bangga atas pilihan rakyat Indonesia. Pemilu Anda dilihat dan dipantau oleh dunia sebagai titik balik untuk Indonesia menjadi negara yang besar dan penuh kebajikan.

Di Eropa, Indonesia sekarang terkait oleh image negara yang membunuh. Hati saya berdebar lagi tapi kali ini karena kepedihan, saya tidak ingin wajah Indonesia tergores seperti ini dan dihakimi oleh dunia sedangkan Indonesia yang saya tahu dan impikan adalah negara yang toleran dan berikhwan.

Sekali lagi saya tidak mempertanyakan kedaulatan perhukuman di Indonesia untuk melawan Narkoba tetapi saya tidak bisa melihat seseorang yang mengaku tidak bersalah, akan dihukum mati, dan melihat kesedihan istri dan keluarganya.

Bapak Presiden, Anda mempunyai kekuasaan untuk membuat dunia kita ini lebih baik, dengan dikurangi kekerasan, tanpa tumpahnya darah, tanpa kebrutalan, seperti yang tertulis di Pancasila : Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sebagai putri Jawa, dengan hormat saya memanggil jiwa kemanusiaan Bapak yang selama ini menjadi karakteristik dan menggambarkan jalan hidup Bapak, saya memohon agar Bapak bisa memberi Grasi untuk Bapak Serge Atlaoui. Matur sewu sembah nuwun paringanipun kawigatosan mugi mugi Gusti Allah maringi rahmad berkah kesehatan kagem Bapak sekeluargo. Amin matur sembah nuwun.

Anggun
Baca Juga

0 Response to "Anggun C Sasmi Tolak Hukuman Mati Serge Areski Atlaoui kirim Surat pada Jokowi"

Posting Komentar